Manfaat Vitamin D untuk Luka Bakar

ilustrasi
Matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang paling terkenal. Manfaatnya tak hanya membantu menguatkan tulang. Sebuah studi menemukan suplemen vitamin D juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar yang parah, serta mencegah infeksi dan jaringan parut.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dua peneliti, Janet Lord dan Khaled Al-Tarrah dari Universitas Birmingham di Inggris melakukan penelitian untuk menemukan bagaimana vitamin D membantu pemulihan luka bakar. Para peneliti menilai ada kemajuan pemulihan lebih dari setahun pada pasien dengan luka bakar yang parah.

Studi ini menemukan bahwa pasien dengan tingkat vitamin D yang lebih tinggi memiliki prognosis yang lebih baik dengan penyembuhan luka yang lebih baik, komplikasi yang lebih sedikit dan jaringan parut yang lebih sedikit.

Vitamin D diketahui memiliki tindakan antibakteri yang dapat membantu memerangi infeksi. “Oleh karena itu membantu penyembuhan luka pada pasien luka bakar” kata periset.

Pasien luka bakar cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Untuk itu, mereka yang terkena luka bakar bisa mengkonsumsi suplemen vitamin.

"Menambahkan vitamin D merupakan cara yang sederhana, aman dan hemat biaya untuk memperbaiki hasil pasien luka bakar, dengan biaya minimal untuk NHS," kata Lord.

"Tingkat vitamin D yang rendah dikaitkan dengan hasil buruk pada pasien luka bakar termasuk infeksi yang mengancam jiwa, kematian dan penyembuhan luka yang tertunda," tambahnya.

Sementara, sumber vitamin D lainnya bisa melalui jamur atau mengkonsumsi telur. Mengkonsumsi jamur secara teratur dalam bentuk matang, dipanggang atau digoreng bermanfaat untuk menyemnbuhkan luka bakat.

Telur pun menjadi sumber vitamin D. Ada beberapa orang yang hanya makan putih telur dan membuang kuning telurnya. Namun, untuk mendapatkan nutrisi maksimal, kuning telur kaya akan vitamin D.

Demikian dengan susu kedelai. Tak hanya mengandung vitamin D, juga vitamin C, protein dan zat besi yang baik. Susu kedelai sebenarnya diturunkan dengan merendam kedelai kering dan menggilingnya bersama air. Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu dalam menyediakan tubuh dengan jumlah vitamin D.

Sumber:sindonews

No comments

Powered by Blogger.