Polusi Udara Bisa Lemahkan Kekuatan Tulang, Alasannya?

ilustrasi
Selama ini polusi udara dikaitkan hanya dengan penurunan kesehatan paru-paru atau pernapasan. Padahal menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, terlalu banyak menghirup udara dengan polutan tinggi pun bisa menurunkan kepadatan tulang.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

"Polusi udara yang menyebabkan penyakit pernapasan dan paru-paru yang serius adalah fenomena yang umum. Namun polusi udara yang bisa menyebabkan patah tulang adalah hal yang tidak biasa," ungkap penelitian yang dilansir dari boldsky.com ini.

"Tingginya penerimaan pasien patah tulang ditemukan pada masyarakat yang tinggal di lingkungan dengan partikel polusi tinggi yang diberi kode PM 2.5. Sebabnya udara kotor dengan karbon hitam yang lebih tinggi akan membuat tingkat hormon paratiroid (hormon kepadatan tulang) menjadi lebih rendah. Udara kotor juga bisa menurunkan mineral kepadatan tulang. Hasilnya, akan terjadi kerusakan oksidatif sistem dan pembengkakan yang pada gilirannya bisa mempercepat keropos tulang pada individu," jelas penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal The Lancet Planetary Health.

Penelitian ini memang bisa membuatmu khawatir akan kesehatan tulang. Apalagi jika kamu tinggal di lingkungan dengan tingkat polusi yang rendah. Namun, selama kamu selalu memperhatikan asupan kalsium dan mineral penting lainnya untuk kepadatan tulang, maka kesehatan tulang pun bisa terjaga. 

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.