Tak hanya cuka apel yang bisa bikin cantik, ini 5 khasiat cuka putih buat kecantikan


Ilustrasi


        Kaum wanita tak pernah bosan mencari cara baru untuk merawat kecantikan. Selain kosmetik produksi pabrik, bahan-bahan kecantikan alami pun semakin dilirik. Salah satu bahan alami yang dipercaya berkhasiat untuk kecantikan adalah cuka. Umumnya cuka apel yang digunakan. Tetapi cuka putih yang lebih populer untuk campuran masakan pun ternyata tak kalah bermanfaat untuk kecantikan.



Cuka putih mengandung antioksidan dan diperkaya sifat anti bakteri. Sifat asamnya dapat menyeimbangkan pH kulit. Berikut ini kami tampilkan aneka manfaat cuka putih untuk kulit, rambut, dan kuku yang dilansir dari Boldsky.

Toner wajah

Alpha HyDroxy Acids (AHA) yang terkandung di dalam cuka bisa membantu meringkas pori-pori dan meratakan warna kulit. Selain itu juga bisa memperlancar peredaran darah.

Untuk menjadikan cuka putih sebagai toner, cukup larutkan 1 sendok makan cuka putih dengan 2 gelas air. Usapkan pada wajah dengan kapas.

Scrub tangan

Jika tangan mulai terasa kasar, gunakan cuka putih sebagai eksfoliator. Padukan dengan beras putih tumbuk yang kaya akan manfaat bagi kulit.

Campur 2 sendok makan beras yang sudah ditumbuk kasar dan 1 sendok makan cuka putih. Gosokkan pada wajah dengan lembut sekitar 2 menit, setelah itu bilas wajah hingga bersih.

Bilasan penyubur rambut

Cuka putih juga bagus untuk rambut. Sifat asamnya akan menghilangkan residu kotoran dari kulit kepala. Selain itu juga merangsang peredaran darah untuk kesuburan rambut.

Untuk merawat rambut dan kulit kepala dengan cuka, larutkan 2 sendok makan cuka putih dengan 1 cangkir air. Setelah keramas, gunakan campuran tersebut untuk membilas rambut. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan kondisioner ringan sesudahnya.

Mengontrol ketombe dan mengobati kulit kepala gatal

Cuka termasuk bahan alami yang memiliki sifat anti jamur. Cairan asam ini akan membantu mengatasi ketombe yang disebabkan jamur serta mengobati kulit kepala yang kering dan terasa gatal.

Cukup tuangkan campuran 2 sendok makan cuka dan 2 sendok makan air hangat pada kulit kepala. Kemudian pijat-pijat sebentar dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu bilas rambut dan kulit kepala dengan air hangat.

Memperkuat dan memutihkan kuku

Kuku bisa menjadi kuning dan rapuh karena sering bersentuhan dengan alkohol pada kuteks. Cuka putih akan membantu mengatasi masalah ini. Rendam kuku dengan larutan 2 sendok makan cuka putih dan 1 mangkuk air hangat untuk menjadikannya lebih kuat dan terlihat putih.

Itulah beberapa khasiat cuka putih untuk kecantikan kulit, rambut, dan kuku. Ingat, cantik tak selalu harus mahal.


Sumber : Merdeka

No comments

Powered by Blogger.