TKW Asal Kabupaten Malang 10 Tahun Hilang di Arab Saudi

sumber photo:malangtoday

Seorang tenaga kerja wanita (TKW), Surining (43) warga Dusun Tretes Desa Jogomulyan Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang dikabarkan menghilang dan tidak ada kabar selama 10 tahun bekerja di Arab Saudi.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Hal tersebut membuat Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang berupaya mencari tahu keberadaan Surining agar dapat dipulangkan kembali ke tanah air. Kepala Bidang Penempatan TKI Disnaker Kabupaten Malang, Ahmad Djunaedi mengatakan jika berbagai upaya telah dilakukan pihaknya.

“Pada 7 Juli, kami sudah mengirim surat kepada Kepala Kantor Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri di Jakarta. Namun, pada tanggal 19 Juli surat tersebut dikembalikan,” kata Djunaedi, Rabu (1/10).

Djunaedi mengatakan bahwa dikembalikannya surat tersebut karena data yang kurang lengkap. Pihak Disnaker hanya membawa kelengkapan berupa KTP, Kartu Keluarga dan Ijasah dari pihak keluarga Surining, padahal yang diminta Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri adalah nama lengkap, nomor paspor, nomor visa, nama lengkap majikan, alamat majikan dan nomor kontak.

“Kami diminta untuk melengkapi data seperti nama lengkap TKI, nomor paspor, visa, nama dan alamat lengkap majikan, termasuk nomor kontak dan identitas,” imbuhnya.

Setelah ada pengembalian surat dari Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri itu kemudian Disnaker kembali berkoordinasi dengan pihak keluarga Surining. Baik Disnaker maupun pihak keluarga berharap agar Surining dapat ditemukan dan dipulangkan secepatnya.

“Kami berharap Surining kembali ke kampung halaman mereka sesuai harapan keluarga,” jelasnya.

Diketahui, Surining berangkat untuk kedua kalinya menjadi TKW di Arab Saudi pada tahun 2007 lalu. Namun, hingga sekarang tidak ada kabar terkait keberadaan Surining yang membuat pihak keluarga cemas. 

Sumber:malangtoday

No comments

Powered by Blogger.