<-->

Ukuran megapiksel di ponsel bukan jaminan foto apik, ini penjelasannya


Ilustrasi


       Tak sedikit calon konsumen smartphone yang menggunakan ukuran megapiksel kamera sebagai patokan utama untuk kualitas foto yang bagus.




Tak sedikit calon konsumen smartphone yang menggunakan ukuran megapiksel kamera sebagai patokan utama untuk kualitas foto yang bagus. Apakah kamu salah satunya?

Megapiksel sendiri pada dasarnya merupakan gabungan dari dua kata: 'mega' dan 'piksel'. Mega berarti satuan juta, sedangkan piksel adalah titik terkecil dalam elemen gambar.

Sebagai contoh, salah satu flagship andalan Samsung, yakni Galaxy S8 SAMSUNG Galaxy S8 - Midnight Black memiliki kamera belakang 12 megapiksel. Artinya, kamera tersebut memiliki 12 juta piksel yang kemudian saling menyusun membentuk sebuah gambar.



Memiliki smartphone dengan jumlah piksel kamera yang tinggi tentu merupakan keuntungan. Semakin banyak jumlah pikselnya, maka resolusi gambar yang dihasilkan akan semakin besar, hal ini berarti gambar akan terlihat semakin halus.

Namun apakah jumlah piksel merupakan jaminan kualitas foto yang apik? Jawabannya adalah, tidak.

Dilansir dari laman Time, Rabu (29/11), mantan perancang software kamera Apple, Nikhil Bhogal mengatakan kualitas piksel lebih utama daripada jumlah piksel dalam sensor kamera.

Bhogal menganalogikan cara piksel bekerja seperti sebuah ember yang menampung air hujan. Piksel sebagai ember, dan cahaya sebagai air hujan.


Sumber : Brilio

No comments

Powered by Blogger.