148 Batu Empedu Ditemukan di Tubuh Wanita India Ini, Penyebabnya?

sumber photo:liputan6
Dokter di Jyoti Hospital, Madhya Pradesh, India, mengangkat 148 batu empedu seukuran biji jagung dari tubuh seorang perempuan bernama Huma Bai.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Perempuan yang diperkirakan berusia 40 hingga 50 tahun itu telah mengeluhkan sakit perut selama lebih dari satu tahun. Akhirnya, ia dibawa ke rumah sakit, di mana dokter menemukan lebih dari 100 batu empedu di tubuhnya.

Dalam operasi yang berlangsung selama satu setengah jam itu, tim dokter mengambil batu tersebut dari empedu Bai satu per satu.

Dokter memperkirakan bahwa batu empedu itu terbentuk karena Bai gemar makan-makanan berminyak.

Meski tak jelas seberapa serius kondisi Bai, batu empedu menyebabkan ketidaknyamanan hebat jika memblokir saluran empedu.

"Dia telah menderita sakit perut selama lebih dari satu tahun," ujar Dr Markus Damor yang memimpin operasi tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (23/12/2017).

"Dia mengaku telah pergi ke dokter beberapa kali, tapi tak ada yang melakukan sonografi," imbuh dia. Sonografi adalah teknik pencitraan menggunakan suara ultra untuk mencitrakan organ internal.

Menurut Damor, Bai datang ke ruamh sakit pada 8 Desember 2017. Tim medis pun melakukan sejumlah tes, termasuk cek darah. Namun, semuanya normal.

Batu empedu tersebut baru diketahui keberadaanya ketika tim medis melakukan sonografi. Namun, mereka tak menyangka batu yang ditemukan akan sebanyak itu.

"Kami melakukan operasi dan mengambil batu-batu itu satu per satu," kata Damor.

"Batu tersebut berukuran 4 hingga 6 milimeter. Kami berencana akan menganalisisnya lebih lanjut," jelas dia.

Sumber:liputan6

No comments

Powered by Blogger.