21 Awak Kapal China di Tangkap Di Perairan Indonesia





Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menangkap Fu Yuan Yu 831, sebuah kapal penangkap ikan China, dan menangkap 21 awak kapal tersebut, yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan timur Indonesia.
Di atas kapal ada enam bendera dari berbagai negara yang diduga telah digunakan oleh awak kapal untuk menipu petugas patroli. 


"Saat kami merebut kapal, awak kapal memasang bendera Timor-Leste, namun saat petugas memeriksa kapal-kapal tersebut, ada lima bendera lainnya," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat jumpa pers di Jakarta pada hari Senin seperti dilansir oleh kompas.co.id
Bendera lain yang ditemukan di kapal adalah kapal China, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Singapura.
Ke-21 awak kapal tersebut terdiri dari sembilan orang China, enam orang Indonesia, tiga orang Myanmar dan tiga orang Vietnam, kata Susi, menambahkan bahwa kapal tersebut berhasil beroperasi di perairan Indonesia sejak Agustus.
Pihak berwenang setempat juga menyita 35 ton ikan, termasuk hiu harimau, spesies yang dilindungi, tambahnya. "Kami telah membawa kapal itu ke Pelabuhan Kupang (di Nusa Tenggara Timur) untuk penyelidikan lebih lanjut," katanya.
Sebelumnya, petugas maritim Timor-Leste menangkap 15 kapal Fu Yuan Yu yang berbeda.
Pemerintah Indonesia dan Timor-Leste berkoordinasi untuk menyelidiki insiden tersebut bersama-sama. (bbn)

Sumber :Jakarta post

No comments

Powered by Blogger.