<-->

5 Tanda Usus Buntu Mau Pecah, Penting Diwaspadai!

sumber photo:vemale

Mendengar soal penyakit usus buntu seringkali bikin kita panik sendiri. Bagaimana tidak, membayangkan tubuh harus dioperasi untuk mengatasi usus buntu memang bikin kita sudah keburu cemas dan membayangkan hal-hal mengerikan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
Tapi memang penyakit usus buntu harus segera ditangani. Bila tidak, dampaknya bisa membahayakan jiwa. Apalagi kalau usus buntu sudah mau pecah, tindakan operasi biasanya harus segera diambil untuk mengatasinya. Gejala usus buntu mau pecah itu sebenarnya mudah dikenali, seperti lima tanda berikut ini.

Perut Terasa Sangat Sakit dan Menyiksa
Ini tanda yang perlu diwaspadai. Seperti yang dikutip dari prevention.com, kalau muncul rasa sakit dari area pusar hingga ke area bawah sebelah kanan perut yang teramat menyiksa, waspada usus buntu mau pecah. Kalau terasa sakit ketika kamu berjalan, batuk, atau melewati gundukan saat naik mobil atau motor misalnya, dinding perutmu mungkin sudah meradang. Untuk memastikan apakah masalahnya terletak pada usus buntu, mungkin kamu harus menjalani tes USG untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Mual, Muntah, dan Tidak Berselera makan
Jennifer Caudle, seorang dokter dan assistant professor di Rowan School of Osteopathic Medicine menjelaskan, "Inflamasi di usus buntu biasanya mempengaruhi aspek lain dari saluran pencernaa dan sistem saraf sehingga menyebabkan mual dan muntah." Meski tak semua orang yang mengalami penyakit usus buntu merasakan gejala ini, tapi tetap perlu diwaspadai bila kamu mengalami kondisi ini ya ladies.

Sering Buang Air Kecil dan Terasa Sakit
Pada sebagian orang, usus buntu terletak di bawah panggul, jadi cukup dekat dengan kandung kemih. Ketika kandung kemih kena terkena dampak dari usus buntu yang meradang, kandung kemih bisa ikut meradang dan iritasi. Akibatnya intensitas buang air kecil meningkat, tak hanya itu saja, saat buang air kecil pun sering terasa sakit. Cuma memang gejala yang satu ini juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kandung kemih. Jadi perlu juga dicek gejala lainnya.

Mengalami Demam
Demam dan tubuh menggigil menjadi tanda bahwa terjadi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Saat usus buntu meradang, tubuh bisa meresponnya dengan mengalami demam atau menggigil. Bila kamu mengalami gejala ini disertai dengan rasa sakit di area perut bagian kanan, segera konsultasi ke dokter.

Mengalami Disorientasi
Kalau kamu mengalami situasi bingung dan disorientasi, ini bisa jadi tanda infeksi makin parah. Karena bisa jadi pertanda infeksinya masuk ke aliran darah yang bisa berakibat fatal. Saat infeksi makin parah dan mengeluarkan banyak sumber daya tubuh seperti oksigen, otak bisa kekurangan oksigen dan tidak bisa bekerja dengan normal. Sehingga membuat kita jadi mengalami disorientasi.

Kenali gejala-gejalanya dengan baik, ladies. Biar nantinya kamu nggak gampang panik saat mengalaminya sehingga bisa segera mengambil tindakan cepat agar terhindar dari dampak yang paling fatal.


Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.