<-->

Benarkah Bermain Gadget Saat Hujan Berisiko Tersambar Petir?

ilustrasi
Akhir pekan lalu, seorang pria bernama Pramono asal Desa Macang Sakti, Kecamatan Sanga, Kabupaten Musi Banyuasin dikabarkan meninggal dunia setelah tersambar petir di rumahnya. Beberapa laporan yang ada menyebutkan bahwa pria berusia 44 tahun tersebut tersambar petir ketika ia sibuk memainkan ponsel yang sedang dicharge di tempat tidurnya.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Akibat sambaran petir, ia pun meninggal dunia dengan beberapa luka berat di tubuhnya. Selain tubuhnya yang terluka, teras rumahnya hancur, kabel charger dan kasur kapuk di kamarnya juga terbakar.

Dilansir dari pemilik akun facebook dengan nama Yuni Rusmini, Bripka Joko Pospol Macang Sakti Sektor Sanga membenarkan insiden tragis ini dan langsung meninjau TKP. Bripka Joko mengatakan, "Anggota langsung ke TKP, yang mengetahui pertama kali kejadian tersebut adalah istri korban. Korban tidak sempat teriak karena suaminya meninggal seketika di tempat."

Mengenai insiden ini, lantas benarkah bahwa bermain gadget saat hujan bisa berisiko tersambar petir? Mengutip dari laman tekno.kompas.com, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh lembaga cuaca Amerika Serikat NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) mengungkapkan jika penggunaan telepon seluler atau gadget selama hujan terbilang aman.

Yang tidak aman adalah, ketika menggunakan telepon seluler atau gadget tersebut bersamaan dengan penggunaan kabel telepon (charger), telepon rumah, televisi, radio dan apapun yang bisa menjadi penghantar listrik. Petir bisa dengan cepat menyambar ketika ada konduktor listrik di sekitarnya seperti komponen gadget yang terbuat dari logam.

Untuk menghindari risiko sambaran petir ini, para ahli menyarankan agar kita senantiasa waspada. Matikan mode on atau layanan internet di gadget jika memang kita sedang berada di daerah terbuka, dekat pohon atau apapun yang berupa konduktor listrik. Hindari berada di ruang terbuka di mana kamu adalah subjek yang paling tinggi dari subjek lain di sekitar.

Demi keamanan pribadi maupun bersama, mulai sekarang semakin bijak dalam memainkan gadget apalagi ketika hujan dan petir bergemuruh ya ladies. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.