Benarkah Mengambil Melati sang Pengantin dapat Melancarkan Jodoh?

Ilustrasi

    Pernikahan merupakan momen yang didamba-dambakan oleh banyak orang, khususnya para jomblo. Di Indonesia sendiri, pernikahan sudah menjadi sesuatu yang sangat sakral dan harus dipersiapkan secara matang dan tidak main-main. 


Pasalnya, dalam proses pernikahan biasanya dilaksanakan serangkaian upacara adat yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Dari tradisi inilah berbagai mitos soal pernikahan mulai bermunculan. 

Salah satunya adalah mitos mengambil bunga melati pada pesta pernikahan. Meski kebenarannya secara logis masih sulit untuk dijelaskan, para wanita lajang biasanya akan mengambil bunga melati pada hiasan rambut mempelai wanita saat resepsi pernikahan sedang berlangsung. 

Hal tersebut akan dilakukan secara diam-diam tanpa sepengetahuan siapa pun termasuk pengantin wanita. Konon katanya, dengan mengambil rangkaian bunga melati atau kuncup bunga kantil, akan membuat seseorang segera mendapatkan jodoh dan menyusul menikah. 

Mitos ini sangat dikenal dalam pernikahan adat Jawa. Namun dalam perkembangannya, sudah banyak orang yang gagal mengingat ujung bunga melati ini diikat dengan kuat menggunakan benang dalam rangkaian hiasan kepala pengantin. 

Meski dilakukan secara diam-diam, mau tidak mau para jomblo harus menggunakan sedikit tenaga Agar bunga melati dapat terlepas dengan sempurna. Tapi pada kenyatannya, tindakan tersebut justru dapat membuat pengantin sadar bahwa ada seseorang yang ingin mengambil hiasan bunganya. 

Dalam beberapa kasus, justru pengantin wanitalah yang biasanya akan memberikan beberapa kuncup bunga melati kepada para sahabat atau tamu undangan yang mereka kenal. Belum diketahui secara pasti apakah cara ini sudah sesuai dengan mitos yang selama ini beredar. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba. 

Sumber : Okezone

No comments

Powered by Blogger.