Berbagai Manfaat Baik Ginseng untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Ketahui

ilustrasi
Ginseng merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Meski dominan tumbuh di belahan bumi bagian utara, tanaman yang satu ini juga dapat ditemukan di Indonesia. Ginseng kerap kali dijadikan sebagai bahan baku dari berbagai macam produk kecantikan karena kaya akan beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kulit. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang dimiliki oleh bahan alami yang satu ini, langsung saja simak uraian berikut ini!



Sebagai Anti-Aging Alami
Sebagian masyarakat mungkin belum banyak yang tahu kalau ginseng kaya akan kandungan saponin. Kandungan ini berperan sebagai anti-oksidan untuk melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas yang disebabkan oleh polusi serta pancaran sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Selain mencegah kerusakan kulit, rutin menggunakan produk skin care yang mengandung ginseng setiap hari juga dapat mengurangi timbulnya tkamu-tkamu penuaan dini, seperti keriput dan garis-garis halus.

Membuat Kulit Lebih Glowing

Jika kamu penasaran mengapa kulit wanita Korea tampak begitu glowing dan sehat, salah satu kunci rahasianya adalah dengan menggunakan skin care yang mengandung ginseng. Bagian akar pada ginseng sangat kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan anti-oksidan yang efektif mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan-kandungan ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah  sehingga kulit pun akan tampak lebih cerah dan bersinar secara alami.

Meningkatkan Produksi Kolagen Pada Kulit

Kolagen merupakan kandungan protein yang paling banyak ditemukan dalam tubuh manusia. Bahkan, 70% protein pada kulit terdiri atas kolagen. Sayangnya, seiring dengan pertumbuhan usia dan gaya hidup, jumlah kolagen pada tubuh akan berkurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan menggunakan produk yang mengandung ginseng. Dalam sebuah ginseng terdapat kandungan fitonutrisi yang dikenal efektif dalam merangsang metabolisme kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam dermis sehingga keelastisan serta kekenyalan kulit pun akan senantiasa terjaga.

Mengatasi Jerawat dan Masalah Hiperpigmentasi

Selain mengandung zat anti-inflamasi yang dapat meredakan masalah jerawat, ginseng juga diketahui dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi. Seperti yang telah kita ketahui, hiperpigmentasi merupakan proses penggelapan warna kulit yang umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kemunculan hiperpigmentasi ditkamui dengan adanya bercak cokelat kehitaman di beberapa bagian kulit wajah. Rajin merawat kulit dengan masker ginseng diketahui dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi, serta mencegah produksi melanin yang menyebabkan noda hitam di wajah.

Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

Selain bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit, ginseng juga dipercaya untuk merawat keindahan rambut. Kandungan ginsenosida yang terdapat di dalamnya dapat menutrisi akar rambut, sehingga rambut pun akan tumbuh lebih kuat dan terhindar dari masalah kerontokan. Selain itu, kandungan saponin dan fitosterol pada bahan alami ini juga mampu mengurangi ketombe serta mencegah kerusakan pada rambut yang mengakibatkan munculnya uban sebelum waktunya. Untuk para wanita yang aktif di kegiatan outdoor, menggunakan hair care berbahan dasar ginseng juga dapat mencegah timbulnya kerusakan rambut akibat paparan polusi dan sinar matahari.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.