Cara Sehat Menyingkirkan Obsesi Langsing


Ilustrasi


    Obsesi untuk menurunkan berat badan agar tampil lebih menarik memang banyak dialami menjelang momen-momen istimewa yang mengharuskan kita bertemu banyak orang, seperti pada akhir tahun.



Selain karena ingin terlihat lebih menarik saat bertemu teman lama, keluarga, atau orang yang sedang ditaksir, banyak orang percaya bahwa bertubuh kurus akan membuat tampilan di foto lebih cantik dan tampan.

Sebenarnya tidak ada yang keliru dengan obsesi menurunkan berat badan, terutama jika tujuannya demi kesehatan. Namun, kebanyakan orang lebih menyukai cara-cara instan untuk mecapai targetnya, walau membahayakan kesehatan diri sendiri.

Menurut psikolog yang banyak mendalami tentang pola makan dan kesehatan, Mel Wells, dari pada menuruti obsesi langsing, kita juga perlu belajar mencintai diri sendiri. Ia membagikan tipsnya agar kita merasa lebih nyaman dengan tubuh sendiri.

1. Gunakanlah pakaian yang benar-benar pas dengan tubuh Anda

Orang merasa kegemukan terkadang menyimpan baju dengan ukuran lebih kecil yang dipakai pada acara khusus saja. Sebaiknya singkirkan pakaian semacam itu.

"Saat Anda menyimpan pakaian kekecilan dalam almari atau mencoba memaksa tubuh untuk memakainya, Anda akan selalu merasa tidak nyaman," kata Wells.

Berhentilah mencoba memaksa tubuh untuk memakai pakaian yang tak sesuai dengan ukuran tubuh. Jika Anda merasa nyaman dengan apa yang dikenakan, maka Anda akan merasa lebih rileks dan merasa lebih percaya diri.

2. Maafkanlah diri Anda

Jika kita ingin mengubah bentuk tubuh, terlebih dahulu kita harus mencintai dan menerima tubuh apa adanya. Jadi, alih-alih mencoba mengubah tubuh karena rasa tidak puas, cobalah berdamai dengan diri Anda sendiri.

Dengan kata lain, jika Anda ingin melakukan perubahan berat badan lebih sehat, dasarnya adalah karena Anda ingin sehat dan mencintai tubuh, bukan karena benci dengan kondisi sekarang dan ingin menghukumnya.

3. Seringlah telanjang

Luangkan lebih banyak waktu untuk telanjang saat sendiri, misalnya berjalan di sekitar rumah atau kamar tanpa pakaian. Menurut Wells, semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk telanjang dan intim dengan diri sendiri, maka rasa percaya diri Anda semakin tumbuh.

4. Hargailah diri Anda sebagai manusia

Keyakinan tubuh sejati berasal dari kepercayaan pada diri sendiri. Bangkitkan lagi kualitas dalam diri Anda dengan cara mengingat prestasi dan kebaikan yang Anda miliki, bukan hanya apa yang ada di bayangan cermin atau bentuk tubuh

5. Unfollow akun yang hanya membuat minder

Ada banyak orang di media sosial yang membuat kita berpikir bahwa tubuh dan kehidupan mereka sangatlah sempurna. Wajar jika kita pun merasa iri. Namun, berhentilah mengikuti satu akun jika hanya membuat Anda merasa tidak nyaman dengan diri sendiri.

Seperti di dunia nyata, sejatinya di dunia maya kita juga perlu berbaur dengan orang-orang yang membawa kegembiraan dan rasa berdaya.

6. Jangan selalu melihat angka pada timbangan.

Setiap kali kita melihat angka-angka pada timbangan, kita akan selalu merasa minder dengan diri sendiri. Inilah yang membuat kita akan selalu merasa tidak puas dengan apa yang telah kita miliki. Menjadi sehat tentu penting, tapi angka pada timbangan bukanlah cara terbaik untuk mengukur kesehatan.

7. Kebahagiaan bukan soal ukuran pakaian

Menjadi lebih langsing mungkin membuat Anda lebih "diterima secara sosial" hanya pada permukaan dan untuk sementara waktu. Tapi, itu bukan jaminan Anda dapat mencintai diri sendiri lagi.

Mencintai diri sendiri bukanlah tujuan, tapi sebuah perjalanan dan latihan. Seseorang yang mencintai diri sendiri bisa melakukan apapun yang mereka inginkan dengan rasa nyaman, termasuk menikmati hidangan yang nikmat tanpa takut berat badan bertambah.

Sumber : Kompas

No comments

Powered by Blogger.