Hindari Kandungan Perawatan rambut Ini agar Terbebas dari Jerawat

ilustrasi
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah. Mulai dari akibat debu, polusi, stres, produk skin care yang tidak cocok, hingga akibat hormon dan alergi makanan tertentu. Nah, selain faktor-faktor tersebut, ada faktor lainnya yang mungkin tidak terpikirkan oleh kamu yaitu produk perawatan rambut. Tanpa disadari, produk perawatan rambut yang mengenai kulit kamu dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Jika kamu sering mengalami jerawat pada area hairline, leher dan punggung, bisa jadi produk rambut kamu yang jadi penyebabnya.



Kandungan yang Perlu Dihindari
Pada dasarnya, hampir semua kandungan pada produk perawatan rambut dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Apalagi bagi kamu yang sudah memiliki kulit berjenis acne-prone, risikonya semakin tinggi. Selain akibat kandungan pada produk untuk rambut, base produk hair care juga dapat menjadi penyebab jerawat. Produk yang terbuat dari oil, cream, dan pomade adalah beberapa contohnya. Untuk menghindarinya, kamu dapat lebih selektif dan tidak menggunakan atau setidaknya mengurangi produk yang memiliki beberapa kandungan ini:

 - Petroleum, biasa ditemukan pada masker dan serum.
 - Silicone, biasa ditemukan pada produk dengan klaim “smoothing”.
 - Cocoa Butter, biasa ditemukan pada masker.
 - Sodium dan ammonium lauryl sulfate, biasa ditemukan pada sampo.
 - Mineral oil, Jojoba oil, Coconut oil.
 - Lanolin.
 - Alkohol, biasa ditemukan pada hair spray.

Cara Mencegah
Setelah mengetahui bahan-bahan apa saja yang berpotensi menyebabkan jerawat pasti kamu ingin langsung menghindari produk hair care dengan kandugan tersebut kan? Tunggu dulu, ladies! Dari beberapa kandungan tersebut, memang ada kandungan yang sebaiknya kamu hindari, seperti mineral oil, alkohol, dan sulfate misalnya. Namun beberapa kandungan lainnya justru dapat sangat berguna bagi rambut kamu. Jadi, jangan langsung membuang produk-produk hair care kamu, ya! Produk yang digunakan pada rambut dapat berpindah ke wajah dan tubuh melalui residu, keringat, tangan, hingga sarung bantal. Untuk mencegahnya, coba lakukan beberapa cara berikut:
 
- Seperti makeup, perlu juga membersihkan rambut dari kotoran dan sisa produk sebelum tidur. Apalagi jika kamu beraktivitas seharian di luar ruangan. Namun jika harus keramas setiap hari tentu akan repot dan tidak baik juga untuk kesehatan rambut. Solusinya, kamu cukup mengikat rambut secara longgar untuk mencegah helaiannya mengenai wajah.

- Jika kamu sering memakai hair spray untuk menata rambut, pastikan untuk menutupi wajah kamu agar hair spray tidak jatuh ke wajah. Bisa menggunakan tangan, bisa juga menggunakan penutup wajah berbahan plastik yang dijual di toko alat kecantikan.

- Jangan gabungkan rutinitas perawatan rambut dengan rutinitas perawatan wajah. Selesaikan perawatan satu per satu. Misalnya, tata rambut kamu terlebih dahulu hingga selesai. Cuci tangan hingga bersih agar tidak ada sisa produk hair care yang tertinggal pada wajah, baru lanjutkan dengan rutinitas perawatan wajah kamu.

- Tata rambut kamu agar tidak mengenai wajah. Selain kotor, produk hair care juga dapat berpindah ke wajah kamu. Jika kamu berponi dan mengalami breakout pada area dahi dan hair line, sudah waktunya kamu berganti gaya rambut atau menjepit poni agar tidak terkena wajah.

Untuk menghindari perpindahan produk hair care melalui keringat, selalu gunakan headband saat berolahraga dan segera cuci wajah dan rambut usai berolahraga. Selain itu, ketika mandi selesaikan mencuci rambut terlebih dahulu, sebelum kamu membersihkan badan dan wajah. Hal ini berguna untuk membersihkan residu produk hair care yang jatuh dan tertinggal pada punggung dan wajah.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.