<-->

Kualat, Pura-pura Bisu 12 Tahun Akhirnya Pria Ini Tak Bisa Bicara




     Seorang pria di Tiongkok berpura-pura menjadi tunawicara atau bisu selama 12 tahun, untuk menyembunyikan pembunuhan yang telah dilakukannya. Walaupun sudah mengganti identitas dan tinggal di tempat yang jauh, kedok pria tersebut akhirnya terungkap oleh pihak kepolisian.



Anehnya, menurut laporan media Tiongkok dikabarkan pria normal tersebut telah kehilangan kemampuan berbicaranya.

Rangkaian cerita ini mirip skenario film. Pria bernama tengah Zeng (33) itu adalah tersangka atas pembunuhan istri pamannya, Chai, pada tahun 2005. Peristiwa pembunuhan itu terjadi dilatarbelakangi perselisihan soal uang sewa sebesar 500 yuan atau setara dengan satu juta rupiah.

Karena tak menemukan titik penyelesaian akhirnya Zeng menikam Chai hingga tewas. Setelah membunuh kerabatnya, Pria itu melarikan diri dari rumahnya yang berlokasi di Hangzhou.

Agar lolos dari jeratan hukum, Zeng memutuskan untuk melarikan diri. Dia akhirnya pergi sejauh mungkin, sampai pada sebuah desa di provinsi Anhui. Lokasi desa yang menjadi tempat Zeng tinggal, diperkirakan berjarak 700 kilometer ke arah utara dari rumahnya dahulu.

Melansir Telegraph, Kamis (28/12/2017), sebagai buronan, Zeng akhirnya menyamar sebagai pengemis bisu dan menggunakan nama palsu Wang Gui. Siapa yang mengira ternyata Zeng mendapat kehidupan baru yang beruntung di desa tersebut.

Ia berhasil mendapat pekerjaan di sebuah kosntruksi bangunan. Bosnya memperkenalkannya dengan seorang perempuan, yang dinikahi dan menjadi istri barunya. 

Selama bertahun-tahun, Zeng mampu menyimpan rapat kebohongannya. Bahkan, polisi tak mampu menemukan jejak dan keberadaanya. Walaupun begitu, tak selamanya rahasia kelamnya akan selalu tersimpan. Pihak polisi setempat mulai menaruh curiga padanya, pada awal tahun ini.

Ketika itu, polisi tengah mengumpulkan sebuah survei keluarga di desanya. Namun Zeng yang menyamar sebagai Wang Gui, tak banyak memiliki dokumen serta tanda pengenal yang lengkap.

Hingga akhirnya polisi berusaha untuk membuat Zeng melakukan tes darah, agar mengetahui identitas sesungguhnya dari pria misterius itu.

Setelah melakukan pemeriksaan, barulah diketahui bahwa darah dari Wang Gui ternyata punya kecocokan dengan darah pria bernama Zeng yang buron dan menghilang satu dekade yang lalu. Zeng akhirnya diciduk polisi dan melakukan telah melalui proses interogasi.

Menurut koran harian Zhejiang, Polisi mengamati hal yang aneh dari Zeng saat melakukan interogasi. Walaupun selama sepuluh tahun lebih ia buron dan menyamar sebagai orang bisu, seharusnya ia masih bisa berbicara selayaknya orang normal.

dalam interogasi Zeng mengakui, bahwa selama bertahun-tahun menjadi bisu, kini dirinya tak lagi bisa berbicara atau bersuara.

Ternyata ada kemungkinan besar, pita suara yang tak pernah ia gunakan selama bertahun-tahun, membuat fungsinya menghilang. Untuk berkomunikasi dengan para interogator, ia harus menuliskan catatan kepada mereka.

Polisi sempat menanyakan mengapa pria itu bisa berpura-pura menjadi bisu selama bertahun-tahun. Zeng hanya menjawab, "lebih sedikit aku berbicara, lebih kecil kesempatan aku membuat kesalahan,".

Walaupun begitu, masih belum jelas apakah pita suaranya bisa kembali normal. Selain itu, aksi pembunuhan yang ia lakukan pada 12 tahun yang lalu punya kemungkinan besar menyeret Zeng pada hukuman mati.



Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.