Lagi, Pria Transgender Asal AS Melahirkan Pasca-operasi Ganti Kelamin

Kaci Sullivan (30), pria transgender asal AS setelah melahirkan anak keduanya, Phoenix.sumber photo:
kompas
Seorang pria transgender di AS melahirkan seorang bayi pertamanya pasca-menjalani operasi berganti kelamin.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kaci Sullivan (30) asal Wisconsin, AS, terlahir sebagai perempuan dan memutuskan melakukan operasi perubahan kelamin menjadi laki-laki pada 2013.

Sullivan sebelumnya sempat melahirkan seorang anak laki-laki hasil hubungan dengan mantan suaminya.

Anak pertamanya yang bernama Grayson kini telah berusia lima tahun, lahir saat dia masih menjadi seorang perempuan.

Tiga bulan setelah kelahiran anak pertama, Sullivan memutuskan melakukan operasi perubahan kelamin menjadi laki-laki.

Dan anak keduanya, yang diberi nama Phoenix, lahir dengan berat 3,6 kilogram melalui operasi caesar, merupakan anak bersama pasangannya saat ini, Steven (27).

Dilansir dari The Independent, Jumat (15/12/2017), kehamilan Sullivan terjadi setelah dia memutuskan menghentikan asupan hormon laki-lakinya.

Pasangan Sullivan dan Steven kini memilih membesarkan anak mereka sebagai anak netral tanpa menentukan jenis kelaminnya dan membiarkan sang anak memilih sendiri ketika telah dewasa.

Meski mendapat tekanan dari banyak pihak, Sullivan mengaku sengaja mempertahankan kehamilannya demi meruntuhkan stigma soal orangtua transgender dan memilih tidak terlibat dengan pihak yang menentang.

"Saya tidak melihat kehamilan melekat dengan feminisme. Dan saya tidak setuju dengan peran gender. Saya tidak terancam dengan kehamilan akan membuat saya merasa kurang maskulin," kata Sullivan.

Sullivan mendokumentasikan saat-saat kehamilannya sebagai pria transgender dalam video yang kemudian diunggah ke media sosial.

"Ada banyak kegelisahan tapi yang paling penting bagi saya adalah mengirimkan pesan bahwa kehamilan bukanlah hal yang gender," kata dia.

Kasus Sullivan bukan pria transgender pertama yang melahirkan di AS. Sebelumnya, Trystan Reese asal Portland, Oregon telah melahirkan bayi laki-laki.

Di Inggris, pria transgender Hayden Cross menjadi perbincangan setelah memutuskan untuk hamil dengan menggunakan donor sperma.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.