Merakit Instalasi Modul Kebun Hidroponik

sumber photo:kontan
Rumah masa kini cenderung sempit dan penuh dengan semen. Tak ada lagi ruang atau halaman untuk bercocok tanam. Padahal, selalu timbul keinginan orang untuk menghiasi rumahnya dengan tanaman. Tak hanya menyegarkan, tanaman juga bisa menghasilkan buah atau sayur yang bisa dinikmati.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Kondisi ini mendorong munculnya tren hidroponik sejak lima tahun lalu. Sebab, untuk memulai budidaya hidroponik, tak lagi dituntut adanya lahan yang luas. Inilah yang membuat hidroponik sangat digemari hingga saat ini dan menjadi berkah bagi para pembuat instalasi hidroponik.

"Makin ke sini, memang makin banyak yang tertarik coba hidroponik di rumahnya. Mungkin karena hidroponik ini praktis dan enggak ribet, jadi pada penasaran untuk mencoba," ujar Ayu Nurcahya, Marketing HydroFarm Indonesia saat ditemui KONTAN di pameran From Farm To Table 2017 di ICE BSD, Banten, beberapa saat lalu. 

Ayu menjelaskan, kini  mulai banyak petani pemula skala rumahan yang tertarik mencoba hidroponik. Bahkan, para ibu rumah tangga juga mulai melirik hidroponik untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

HydroFarm Indonesia sendiri menjual berbagai jenis peralatan instalasi hidroponik, mulai dari komponen kecil hingga paket untuk membuat greenhouse hidroponik. "Kami ada paket instalasi mulai dari skala rumahan sampai untuk bisnis. Khusus untuk bisnis, bentuknya greenhouse," terang Ayu.

Untuk paket instalasi hidroponik skala rumahan sederhana dibanderol mulai Rp 4,6 juta sampai Rp 7,8 juta per paket. Harga tersebut sudah termasuk biaya instalasi. Sedangkan, untuk paket instalasi berupa greenhouse dibanderol mulai Rp 60 juta per paket.

Paket greenhouse biasanya dipesan oleh mereka yang berminat bisnis. Satu greenhouse kapasitas produksinya bisa 600 kilogram sekali panen. "Kami sediakan hidroponik untuk tanaman sayur dan buah, lengkap," jelas Ayu. Dalam sebulan, HydroFarm Indonesia sedikitnya menjual 10 paket instalasi hidroponik.

Berkah tren hidroponik juga dirasakan oleh Wiwik Mutiarsih, pemilik Modul Hidroponik 86 asal Pati, Jawa Tengah. Setahun belakangan, dirinya terjun menjual komponen peralatan hidroponik. "Enam bulan belakangan mulai ramai pesanan. Kebanyakan instalasi kecil untuk rumahan," tuturnya.

Wiwik mengaku bisa mengirim paket instalasi ke beberapa kota seperti Solo, Semarang, Salatiga dan Boyolali sebanyak enam paket per bulan. Paket instalasi hidroponik milik Wiwik dibanderol mulai
Rp 750.000 sampai Rp 2,35 juta per paket. "Tergantung dari bahannya, model dan jumlah komponennya. Harga menyesuaikan itu," tandas Wiwik. 

Sumber:kontan

No comments

Powered by Blogger.