Muncul Luapan Air Menyerupai Danau di Gunungkidul

Luapan air menyerupai danau di Gunungkidul.sumber photo:detik

Puluhan hektare lahan di Dusun Wediwutah, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Gunungkidul tergenang air. Warga menduga luapan air ini yang bentuknya menyerupai danau ini berasal dari sungai bawah tanah yang naik ke permukaan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

"Saya yakin luapan air ini berasal dari sungai bawah tanah yang airnya meluap ke permukaan," kata Dukuh Wediwutah, Diarto kepada wartawan, Jumat (1/12/2017).

Diarto menerangkan, luapan air ini mulai terbentuk, Kamis (30/11). Luapan air tersebut menggenangi sekitar 30 hektare lahan warga yang ditanami padi dan tanaman palawija ini.
Luapan air menyerupai danau di Gunungkidul.sumber photo:detik

"Sebagian besar yang tergenang adalah lahan pertanian, ketinggiannya (genangan) sekitar 20 meter. Alhamdulillah sampai saat ini (luapan air) belum sampai ke permukiman warga," jelasnya.

Kepala BBWSO, Tri Bayu Aji menjelaskan, pihaknya belum menganalisis lebih jauh fenomena luapan air ini. Pihaknya juga belum berani menyimpulkan apakah luapan ini berasal dari sungai bawah tanah.

"Kami belum tahu apalah (luapan air) berasal dari Bribin (bendungan sungai bawah tanah) karena kalau kami lihat di peta lokasi luapan itu bukan merupakan jalurnya Bribin," ungkapnya. 

Sumber:detikcom

No comments

Powered by Blogger.