Pengguna Samsung Lebih Bahagia dari Pengguna iPhone

ilustrasi

Di tengah persaingan ketat antara Samsung dan iPhone, muncul sebuah pertanyaan yang menggelitik. Jika dihadapkan secara head-to-head, ponsel manakah yang bisa membuat penggunanya lebih bahagia?
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh aplikasi jajak pendapat LikeFolio, pengguna Samsung Galaxy tahun ini dinilai lebih bahagia dibandingkan pemilik iPhone.

Laporan ini dirilis berdasarkan sejumlah data kicauan Twitter pengguna Samsung dan iPhone, yang dihimpun LikeFolio sepanjang 2017. Dari penelitian itu, seri smartphone Samsung Galaxy tercatat lebih banyak mendapat respon positif di media sosial dibandingkan dengan iPhone.

Berdasarkan informasi yang dihimpun KompasTekno dari Mobile Syrup, Rabu (20/12/2017), sentimen positif pengguna Samsung di twitter berkisar di angka 80 persen, sementara pengguna iPhone hanya 60 persen.

Salah satu faktor penyebab ketidakbahagiaan pengguna iPhone dipicu oleh masalah penggunaan baterai yang dinilai boros. Di samping itu, sejumlah pengguna iPhone juga melaporkan iPhone X bukanlah ponsel terbaik.

Selain dua isu di atas, penyebab lain dari ketidakbahagiaan pengguna iPhone adalah rentang harga produk yang dinilai terlalu tinggi. iPhone 8 dibanderol dengan harga 699 dollar AS (Rp 9,4 juta), iPhone 8 Plus dibanderol dengan harga 799 dollar AS (Rp 10,8 juta), dan terakhir iPhone X yang dihargai 999 dollar AS (Rp 13,9 juta).

Sementara Samsung memiliki harga yang lebih variatif. Yakni 594 dollar AS (Rp 8 juta) untuk Galaxy S7, 724 dollar AS (Rp 9,8 juta) untuk Galaxy S8, 849 dollar AS (Rp 11,5 juta) untuk Galaxy S8 Plus.

Walau nilai rata-rata kepuasan konsumen Samsung lebih besar dibandingkan Apple, angka kepuasan iPhone tampak lebih stabil. Dalam dua tahun terakhir, kepuasan pelanggan berada di kisaran angka 60 hingga 70.

Sedangkan kepuasan konsumen terhadap produk Samsung sempat merosot di kuartal keempat 2016, dari 80 persen ke kisaran 10 persen. Berdasarkan hasil penelusuran, hal itu diakibatkan oleh ketidakpuasan fans Samsung akan kendala baterai yang dialami Galaxy Note 7, yang berujung recall.

Meski rata-rata kepuasan pengguna Samsung lebih tinggi dibanding iPhone, namun keduanya tetap memiliki kekurangan. iPhone X misalnya, belakangan layarnya dikeluhkan tidak responsif saat dipakai dalam suhu dingin, walau Apple telah merilis perbaikan OS untuk mengatasinya.

Sementara Galaxy Note 8 dikeluhkan sering nge-hang secara acak saat membuka aplikasi tertentu.

Sumber:kompas

No comments

Powered by Blogger.