<-->

Perhatikan, Make-up Ini Harus Kamu Buang Setelah Sakit

ilustrasi
Sakit saja sudah tidak menyenangkan, tapi fakta harus membuang make-up sesudahnya, bisa bikin kamu merasa lebih buruk. Sayangnya, setelah demam atau flu, hal inilah yang perlu kamu lakukan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Mengutip Health, Sabtu (23/12/2017), para pakar kesehatan mengatakan, menyingkirkan make-up yang sempat digunakan saat sakit bisa mencegah kamu jatuh sakit lagi. Lantas, make-up apa saja yang perlu dibuang?

1. Produk bibir

Kamu benar-benar harus mengganti produk bibir yang telah digunakan saat sakit, ujar Harold Lancer, MD, seorang dermatolog berbasis di New York.

"Garis bibir itu berhubungan dengan sinus dan jalur pernapasan, tempat virus dan bakteri menyebar," jelasnya.

Produk bibir jadi semakin harus diganti ketika produk itu menggunakan kuas, lanjut Melanie Palm, MD, dermatolog dan spesialis bedah plastik di San Diego,

"Produk apapun yang menggunakan kuas memasukkan kuman dan bakter ke dalam semua produk yang tersisa, sehingga mereka tidak mungkin disterilisasi lagi," jelasnya.

Bagaimana jika kamu punya lipstik baru dan mahal? "Mengelap tabung lipstik dengan alkohol bisa cukup memberikan perlindungan dari flu," ujar dr. Palm. Ingat juga, jangan pernah berbagai produk bibir dengan orang lain, agar kalian juga tidak berbagi kuman.

2. Make-up mata

Jika kamu pernah menderita conjunctivitis (mata merah), maka kamu tidak akan mau bersentuhan lagi dengan eyeliner atau eyeshadow yang sudah terpapar kuman, jelas Bob Basu, M.D., spesialis bedah plastik di Houston.

"Pilihan terbaik adalah membuang make-up mata yang kamu gunakan kita mata terinfeksi," lanjutnya.

Bakteri bisa bersembunyi di dalam produk-produk ini dan bisa menyebabkan inflmasi dan infeksi kembali.

Lagi-lagi, kuas bisa jadi tempat kuas berkembang biak. Jadi pastikan segera mengganti maskara atau produk mata lainnya ketika simtom sudah mulai membaik.

3. Kuas make-up

Kabar baiknya, kuas make-up bisa dibersihkan. Cuci kuas make-up menggunakan cairan antibakter setidaknya satu kali seminggu untuk membunuh kuman, saran Dr. Palm.

Saran lain: "Saat sakit, pertimbangkan untuk menggunakan alat pengaplikasi make-up sekali pakai. Dan rajin-rajinlah membersihkan meja rias Anda, "ujar Suzanne Friedler, M.D., dermatolog asal New York.

4. Make-up wajah

Karena make-up wajah tidak langsung berkontak dengan mata, bibir, atau hidung, foundation atau concealer tidak perlu diganti sesudah sakit. Terutama jika produk tersebut berbentuk cair yang Anda tuang dari botol.

Perlu diingat, ketika ada luka terbuka pada wajah yang bisa memungkinkan kuman masuk ke dalam kulit. "Satu-satunya waktu Anda perlu khawatir akan muncul infeksi, adalah ketika ada luka terbuka atau iritasi pada kulit," ujar Dr. Basu.

Aturan umum, selalu bersihkan lingkungan Anda setelah terserang flu.

"Rajin-rajinlah mencuci tangan, dan bersihkan make-up secara teratur," lanjut Dr. Friedler. "jangan lupa juga untuk membersihkan tempat-tempat umum yang sering jadi sarang kuman, seperti ponsel, meja kerja, dan setir mobil."

Sumber:liputan6

No comments

Powered by Blogger.