Pilih Pelembap Bertekstur Cream dan Oil, Mana yang Terbaik?

ilustrasi
Tahukah kamu bahwa pelembap merupakan produk esensial yang diperlukan kulit? Selain berfungsi untuk menjaga kelembapan, produk ini juga baik untuk menghidrasi kulit dan menghindarinya dari kekeringan. Melihat betapa pentingnya penggunaan pelembap bagi kulit, kemunculannya di pasaran pun semakin bervariatif. Mulai dari pelembap yang dikhususkan untuk jenis kulit tertentu, hingga pelembap yang dibedakan berdasarkan teksturnya. Umumnya, pelembap hadir dalam bentuk cream. Namun, ada pula pelembap bertekstur oil yang katanya cocok untuk pemilik kulit kering.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sebenarnya, apa sih perbedaan di antara keduanya? Lalu, tekstur mana yang paling baik untuk kulit? Yuk, cari tahu jawabannya!

Perbedaan Pelembap Bertekstur Cream dan Oil

Umumnya, banyak wanita lebih senang menggunakan pelembap bertekstur cream. Namun, tak sedikit pula yang lebih memilih pelembap bertekstur oil karena dianggap mampu memberikan kelembapan ekstra, terutama pada kulit yang kering. Pada dasarnya, pelembap dalam bentuk cream ada yang bahan dasarnya terbuat dari essentials oil dan berbagai macam bahan lainnya. Hanya saja, produk ini diformulasikan sedemikian rupa hingga mendapatkan tekstur yang creamy dan kental. Sedangkan oil, umumnya terbuat dari 100% bahan alami yang diekstrak dari tumbuhan hingga menghasilkan minyak murni. Namun, beberapa lini kecantikan terkadang ada juga yang menambahkan bahan campuran lain dalam produk oil mereka, misalnya saja fragrance.

Pada dasarnya, baik cream maupun oil, keduanya dapat dipergunakan untuk semua jenis kulit. Yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya sebelum kamu memutuskan akan memakai jenis pelembap cream atau oil. Jika kamu cenderung menyukai pelembap bertekstur cream, pilihlah yang teksturnya ringan dan mudah menyerap ke kulit. Sedangkan jika pilihan kamu jatuh pada pelembap bertekstur oil (face oil), cermatlah dalam memperhatikan jenis oil yang digunakan.

Face oil dengan molekul besar, seperti minyak kelapa, agak sulit terserap ke dalam kulit. Bahkan, pada kulit berminyak dan berjerawat, tekstur minyak kelapa sangat berisiko menyumbat pori-pori. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan face oil yang memiliki susunan molekul kecil seperti argan oil, jojoba oil, dan marula oil yang memiliki daya serap cepat. Selain itu, kamu juga bisa memilih face oil yang mengandung hyaluronic acid, atau niacinamide yang baik untuk kulit.

Jadi, Mana Tekstur Pelembap yang Lebih Baik untuk Kulit?

Baik cream maupun oil, kedua jenis pelembap ini sama-sama baik untuk kulit. Sebenarnya, lebih pada segi ingredients-nya sih yang harus diperhatikan. Jika dari sisi tekstur, untuk pemilik kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pelembap bertekstur cream yang formulanya ringan dan mudah diserap kulit, Namun, jika tertarik untuk menggunakan pelembap bertekstur oil, pilihlah tekstur oil yang ringan dan tidak menyumbat pori. Untuk pemilih kulit kering, baik cream maupun oil, keduanya sama-sama bisa dipakai. Asalkan kandungannya mampu menghidrasi kulit. Sedangkan untuk kulit yang sensitif, pilihlah kandungan pelembap yang ringan dan bebas dari kandungan yang berisiko mengiritasi kulit, seperti fragrance dan juga pewarna sintetis.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.