Spearmint Tea Jurus Jitu Atasi Jerawat Jelang Menstruasi

ilustrasi
Timbul jerawat menjelang menstruasi memang menjadi hal yang lumrah dan normal dialami banyak wanita. Namun yang bikin khawatir dan kesal setiap jerawat jenis ini datang karena sifatnya yang sukar diatasi. Biasanya jerawat hormon hadir dalam ukuran yang cukup besar dan tumbuh di jaringan bawah kulit yang cukup dalam, sebelum memunculkan mata atau nanah ke jaringan teratas kulit.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Terkadang, jerawat hormon bisa mengendap berbulan-bulan lamanya, tentu saja hal ini akan membuat penampilan wajah kamu terlihat tidak menarik. Agar jerawat segera hilang kebanyakan orang akan memilih cara penyembuhan melalui berbagai produk skin care yang memiliki kandungan benzoyl peroxide, tretinoin,dan tea tree oil. Tapi selain itu, kamu juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan meminum teh yang memiliki kandungan ampuh untuk melawan jerawat.

Apa Penyebab Jerawat Hormon?

Sama seperti namanya, jerawat hormon disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita. Hormon androgen yang umumnya dimiliki oleh pria, sebenarnya juga dimiliki oleh para wanita. Namun jumlah hormon androgen pada pria jauh lebih banyak yang menyebabkan tumbuhnya kumis, jenggot, bulu ketiak, suara berubah menjadi lebih dalam, produksi sperma, juga gejala kebotakan.

Nah, hormon androgen juga merupakan salah satu pemicu meningkatnya produksi sebum di kulit. Padahal produksi sebum yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penyumbatan pori-pori wajah yang mengarah pada timbulnya jerawat. Kehadiran hormon androgen ini memiliki siklus yang mirip dengan siklus menstruasi, itu sebabnya wanita cenderung berjerawat dalam periode ini.

Fungsi Spearmint Tea untuk Jerawat

Nah sebelum kamu memilih menggunakan produk skin care untuk mengatasi jerawat hormon ini, kenapa tidak mencoba cara yang lebih alami seperti memanfaatkan spearmint? Spearmint merupakan tumbuhan yang memiliki efek anti-androgenic. Kandungan inilah yang membuat spearmint memiliki kemampuan dalam  mengurangi level testosteron dan laju produksi sebum di tubuh. Menurut sebuah studi tahun 2007, wanita yang memiliki pertumbuhan laju rambut yang serupa dengan pria dapat mengurangi level hormonnya dengan meminum spearmint tea 2 kali sehari dalam kurun waktu 5 hari.  kamu bisa menyeduh sebanyak 5 gram untuk 250 ml air yang dipanaskan selama 5 – 10 menit. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, level hormon androgen dapat berkurang bahkan hingga 1/3 dari jumlah keseluruhan.

Efek Samping Spearmint Tea

Studi terkait dengan penyebab berkurangnya level hormon dengan meminum spearmint tea juga pernah dilakukan, sehingga tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba cara alami yang satu ini. Dengan kandungan anti inflamasi dan kemampuan meredakan jumlah hormon androgen pada wanita tentu cara ini pun bisa dicoba karena minim efek samping. Tapi kamu juga harus menyeimbangkannya dengan melakukan gaya hidup sehat seperti memperbanyak konsumsi air putih dan memilih asupan makanan yang baik agar klaim bahan alami ini benar berfungsi pada kamu.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.