<-->

Terlalu Sering Mencuci Wajah Faktanya Justru Memicu Jerawat

Ilustrasi

      Memiliki wajah yang bersih, terawat dan bebas dari berbagai masalah tentu impian dari setiap orang. Dan untuk memiliki wajah seperti ini, sebagian besar dari kita akan lebih sering membersihkan serta mencuci wajah. Namun tahukah kamu ladies, terlalu sering mencuci wajah apalagi mencuci dengan sabun cuci wajah menurut para ahli faktanya justru memicu jerawat. 



Dilansir dari laman hellosehat.com, mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dengan sabun cuci wajah sangat berisiko menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Kenapa bisa seperti ini?

Mengenai jerawat, masalah kulit yang satu ini sering terjadi lantaran adanya penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran. Jerawat juga sering muncul ketika kandungan minyak di kulit berlebih sehingga memudahkan kotoran menempel bahkan memicu komedo hingga jerawat. Salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan kotoran dan mengurangi produksi minyak adalah dengan mencuci wajah. 

Tapi, ketika mencuci wajah dilakukan terlalu sering, ini justru bisa membuat produksi minyak berkurang dan kulit lebih kering. Padahal, kulit tetap memerlukan minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatannya. Saat kulit lebih kering, ini dipercaya lebih mudah terjangkit masalah jerawat. 

Para ahli juga mengungkapkan bahwa bahan kimia yang terkandung di dalam sabun cuci wajah sangat mungkin membunuh bakteri jahat maupun baik di kulit wajah. Ketika semua bakteri terbunuh, ini dipastikan akan sangat mudah membuat kulit wajah terserang masalah jerawat, komedo hingga masalah lainnya. 

Jika kulit wajah kamu termasuk kulit wajah yang mudah berjerawat, usahakan agar mencucinya maksimal dua kali dalam sehari. Hindari penggunaan produk kosmetik yang memicu parahnya masalah jerawat, konsumsi air putih cukup, hindari memegang area kulit wajah dengan tangan yang kotor dan konsumsi sayur serta buah cukup. 

Ketika kamu ingin mencuci wajah, kamu cukup mencucinya dengan air tanpa harus menggunakan sabun cuci wajah berlebih demi menghindari masalah jerawat. Pastikan juga agar kamu tidak terlalu stres juga depresi dengan kehidupan kamu sehari-hari. 

sumber : Vemale

No comments

Powered by Blogger.