TKW Tewas Mengenaskan di Malaysia, Keluarga Kesulitan Uang Untuk Pulangkan Jenazah

Romsari Sitanggang


     Seorang tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja di Selangor, Malaysia, meninggal dalam kondisi mengenaskan setelah dibunuh. Lebih ironis lagi, hingga kini jenazahnya belum juga dipulangkan ke Indonesia.

 Padahal jenazah perempuan bernama Romsari Sitanggang itu sudah dua bulan berada di rumah sakit setempat. Ketidakadaan biaya membuat pemulangannya ke kampung halaman menjadi terhambat.

Informasi yang dihimpun, Romsari, biasa dipanggil Sari, merupakan TKW asal Sumatera Utara. Dia mengalami perlakuan biadab di negeri Jiran, yang membuat dia tewas, bahkan wajahnya jadi sulit dikenali.

Sejak ditemukan dan dipastikan jenazah tersebut adalah Sari, usai serangkaian tes DNA, pihak keluarga diharuskan membayar Rp 12 juta agar jenazahnya bisa dipulangkan ke Sumatera Utara. Hingga Kamis (30/11/2017) dana itu belum ada.

Sari diduga merupakan TKW yang masuk melalui jalur ilegal. Hal inilah yang membuat KBRI di Malaysia kesulitan untuk terlibat aktif dalam pemulangannya.

Kabar meninggalnya Sari membuat banyak teman-temannya yang menyampaikan duka mendalam ke wall facebook perempuan muda itu. Mereka banyak yang merasa tak percaya. Mereka semakin sedih saat tahu meninggalnya Sari akibat pembunuhan.
 Kegetiran hati diungkapkan oleh saudara kandung dari Sari, Dedy France Sitanggang di akun Facebook. Dia menuliskan dalam bahasa batak.

Ngeri nai panading mon ito (Sungguh menyedihkan meninggalnya dirimu saudaraku)
Hape didok ho tu au ikkon rappak mulak do hita tu huta tahun baru bg nimmu tu au. (Padahal kamu bilang kita pulang bareng ke kampung halaman merayakan tahun baru)
Hape mulak tu jolo ni Tuhan i do maksud mu. (Ternyata pulang kepada Tuhan maksudmu)

Dang tarbereng au ho ito songonon (Aku nggak sanggup melihatmu begini)
Posma roham ito boanon ku doho mulak (Tenanglah aku akan membawamu pulang)
Cepat atau lambat aku pasti bawa kamu balik (Cepat atau lambat aku pasti akan membawamu pulang)
Inilah perjuangan terakhir hu tuho ito (Inilah perjuangan terakhirku, saudariku)

Ada juga akun Tonhi Sinaga Bonor yang mengungkapkan belasungkawa dan rasa kaget saat mendengar Sari meninggal. Dia menyampaikannya bersama dua foto, dan juga tag akun Romsari Sitanggang.

Buat temen aq yg dulu..
Gak nyangka dengar kabar yg gak enak dari mu yg jauh disana..
Moga kamu tenang bersama bapa disurga..
Maafkan lah aq pernah buat salah..
Jjur masih gak yakin akan secepat ini kamu pergi...
Senyum dan tawa mu akan kuingat selalu..
Moga jenanzah mu secepat nya diantar ke kampung..

Sementara akun Rii SimaMoraae menuliskan, Aku udah bisa ikhLas kepergian mu nang, tenang lah disana, aku masih tetap jadi teman mu yang terbaikk, Karna kebaikan mu akan sLalu ku ingatt, Dan tawa mu tidak akan pernah terlukann, Aku sayang sama mu nanggg. I LoVe U romsari sitanggang 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari percakapan di akun facebook Romasari, perempuan ini dibuang pelaku setelah dibunuh. Saat ditemukan, wajahnya sudah tak terlihat jelas lagi, karena sampai satu bulan setelah kejadian baru ditemukan.

Pihak keluarga sangat berharap Romsari dibawa pulang dan dimakamkan di kampung halamannya. Namun karena masih kurang dana, hingga kini rencana itu belum juga bisa direalisasikan.


Sumber : Pahlawan devisa

No comments

Powered by Blogger.