<-->

Tuang Desiccant ke Botol Isi Air, Mata Bocah China Buta Sebelah

Seorang bocah laki-laki berusia delapan tahun dilaporkan mengalami kebutaan karena menuangkan desiccant ke botol berisi air.sumber photo:liputan6
Banyak orangtua yang tak terlalu peduli dengan desiccant yang kerap ditemukan dalam kemasan makanan. Biasanya, desiccant sengaja masukkan bersama makanan kemasan untuk sebuah tujuan dan tak dimakan.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Desiccant adalah bahan yang dapat menyerap air sehingga mengurangi serta menjaga kelembaban suatu barang, termasuk makanan.

Dilansir dari laman AsiaOne, Jumat (15/12/2017), baru-baru ini di China ditemukan kasus mengenaskan akibat kelalaian orangtua saat menjaga anaknya.

Seorang bocah laki-laki berusia delapan tahun dilaporkan mengalami kebutaan karena menuangkan desiccant ke botol berisi air.
Kala itu, ia baru saja selesai memakan kudapan yang dibeli orangtuanya di sebuah toko kue. Keke (8) kemudian melihat ada bungkusan kecil seperti jeli tertinggal di bungkus makanan tersebut.

Karena iseng, bocah itu menuangkan isi kemasan desiccant ke dalam botol. Tak disangka, botol berisi air itu langsung meledak. Air yang muncrat langsung mengenai mata bocah tersebut.

Keke tiba-tiba teriak akibat ledakan tersebut. Setelah mendengar jeritan sang anak, ibu Keke bergegas menghampiri putranya. Saat dilihat, mata bocah tersebut memerah.

Untuk itu, pihak keluarga langsung membawa Keke ke rumah sakit. Namun sayang, senyawa yang masuk ke dalam mata, membuat indera penglihatan sebelah kanan kehilangan fungsinya.

Menurut Asosiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, desiccant biasanya mengandung gel silika yang aman karena sifatnya tak mengandung racun, meski bersifat kimiawi.

Untuk itu, pihak yang paling dicurigai adalah agen penyedia desiccant. Pasalnya, ditemukan senyawa lain dari benda tersebut.

Saat diteliti, desiccant yang digunakan oleh Keke mengandung kalsium oksida yang bereaksi secara kimia apabila dikombinasikan dengan air.

Proses ini akan menghasilkan suhu panas dengan cepat dan membentuk kalsium hidroksida yang sangat basa dengan nilai pH 12,4. Apabila wadah air tak mampu menampung uap, maka akan terjadi ledakan.

Sumber:liputan6

No comments

Powered by Blogger.