Waspada, Barang-barang Ini Bisa Picu Gangguan Tiroid

sumber photo:liputan6
Tahukah Anda, kalau ternyata membahas tentang tiroid, mau tak mau juga akan membahas tentang zat kimia antilengket yang sering digunakan pada peralatan rumah tangga. Zat kimia anti lengket ini bisa memicu masalah pada kelenjar tiroid.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dalam studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Epidemology, para ilmuwan menemukan lebih dari 10 persen orang terpapar air minum yang mengandung perfloroctanoic acid (PFOA), dilaporkan memiliki masalah tiroid.

Setelah meneliti lebih dari 30 ribu orang--dengan cara membandingkan kadar zat kimia tadi dalam darah dan lama terpapar dalam hubungannya dengan permasalahan tiroid--peneliti bisa mengatakan, mereka yang terpapar PFOA lebih tinggi diasosiasikan dengan masalah tiroid.

PFOA adalah salah satu zat kimia anti lengket bermasalah yang masuk ke dalam kelas senyawa perfluorinated, suatu kelompok zat kimia yang mengandung flouride dengan properti unik yang bisa membuatnya antilengket dan tahan noda.

Masalahanya adalah, senyawa ini tidak gampang terurai, dan bisa ditemukan tersisa di dalam tubuh. Selain penyakit tiroid, senyawa ini juga bisa dihubungkan denga kanker, kemandulan, cacat lahir, dan melemahnya sistem imun.

Melansir Prevention, Rabu (27/12/2017) berikut perangkat rumah yang bisa mengandung zat kimia antilengket, yang harus segera Anda hindari:

1. Panci dan wajan
Memang enak jika Anda tidak harus menyikat perangkat masak setelah memasak. Sayangnya, semua goresan dan cuilan pada perangkat masak antilengket Anda berarti, zat kimia ant lengket tadi masuk ke dalam makanan.

Gantilah perangkat masak dengan panci atau wajan yang terbuat dari besi, kaca, atau stainless steel. Walau lebih repot, setidaknya Anda dan keluarga jadi lebih sehat.

2. Perangkat anti hujan

Zat kimia antilengket memiliki sifat tahan air. Hal itulah yang membuat mereka banyak digunakan sebagai bahan perangkat antihujan, seperti jas hujan, payung, dan sepatu boots.

Untuk lebih aman, mulai sekarang gunakanlah jaket yang mengandung polyurethane. Perangkat antihujan yang dibalut wax, atau boots yang terbuat dari karet asli adalah pilihan sehat yang sekarang semakin populer.

3. Piring kertas
Setiap tahunnya, 64 miliar gelas dan piring kertas dibuang. Selain faktor sampah, piring dan gelas kertas juga mengandung zat kimia antilengket--yang berfungsi mencegah bocor.

Sebaiknya gunakanlah perangkat makan biasa, walau lebih repot, tapi lebih sehat.

4. Sampo

Zat kimia antilengket ini ternyata bahkan bisa bersembunyi dalam produk perawatan tubuh Anda. Untungnya, tidak seperti pada pakaian atau perabotan, produk perawatan tubuh harus memiliki daftar komposisi.

Pastikan Anda mengecek daftar komposisi dari setiap produk kecantikan yang Anda beli. Hindari produk yang mengandung zat kimia apapun yang namanya dimulai dengan perfluoro.

5. Debu rumah
Sehati-hati apapun usaha Anda untuk menyingkirkan barang-barang dengan produk PFOA, zat kimia ini bisa jadi masih ada di udara. Saat ini sangat banyak produk yang menggunakan zat kimia antilengket tersebut, yang kemudian bercampur dengan debu rumah.

Untuk memastikan rumah Anda tetap sehat, pastikan Anda memiliki penyedot debu dengan HEPA filter dan gunakan secara teratur. Lalu, gunakanla cairan pembersih non-toxic yang Anda buat sendiri.

Sumber:liputan6

No comments

Powered by Blogger.