Waspadai Jika Urine Berwarna Cokelat, Kenali Bahayanya

ilustrasi
Berkemih menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan terutama saat bangun tidur maupun saat dalam cuaca dingin. Namun pernahkah Anda sadari selama berkemih apa warna urine yang Anda keluarkan?
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Warna urine ini perlu dan harus Anda perhatikan mulai hari ini. Karena termyata warna urine bisa menunjukkan bahwa tubuh Anda sedang bermasalah.

"Warna urine ini bisa menunjukkan tingkat dehidrasi seseorang," ungkap Spesialis Urologi dari klikdokter, dr.Firtantyo Adi Syahputra, Sp.U, kepada VIVA saat ditemui di Balai Kartini Jakarta.

Berikut ini beberapa warna urine yang menandakan kondisi kesehatan Anda.

1. Warna bening

Warna ini bisa menandakan Anda cukup air putih. Hal ini bisa juga menandai lancar dan optimalnya sistim metabolisme tubuh kita.

2. Warna kuning pekat

Warna ini menandakan Anda kekurangan air putih. Disarankan untuk menggonsumsi air mineral minimal 8 gelas per hari.

3. Warna kuning kecoklatan

Jika saat berkemih warna kuning kecoklatan ini menandakan Anda perlu waspada. Pasalnya, warna ini menandakan akan datangnya masalah pada ginjal. Minumlah air putih yang banyak agar kepekatannya berkurang.

4. Warna merah seperti teh
Selama berkemih, jika Anda melihat urine Anda merah seperti teh menandakan tubuh Anda mengalami penyakit tumor, hepatitis hingga liver.

Sedangkan untuk mengetahui penyakit dari bau, dia menyebut hingga kini belum bisa ditemukan.

"Kalau dari bau agak susah, yang akurat sih bisa tes namanya urinenalisa nanti disitu cek semua mulai dari sel darah merah, sel darah putih dan lain-lain," ujarnya. 

Sumber:viva

No comments

Powered by Blogger.