<-->

5 Cara Makin Cantik dan Bugar dengan Jahe




     Jahe sudah lama digunakan sebagai pengobatan. Masyarakat Cina dan India Kuno menggunakan jahe untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Dalam pengobatan modern, manfaat sehat dari jahe ini juga belum terbantahkan. Menurut Karen Ansel, R.D.N., penulis dari Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger Live Longer, jahe itu adalah rempah luar biasa yang serba bisa.



Selain mengobati tubuh, ada manfaat lain yang terkandung dalam bongkahan jahe, yaitu untuk kecantikan. Apa saja manfaat kecantikan dan kesehatan dari jahe? Simak ulasannya, melansir Women's Health, Sabtu (27/1/2018):

1. Membuat kulit bercahaya

Ansel mengatakan, jahe mengandung senyawa yang dikenal sebagai gingerols, yang bisa menghentikan inflamasi, dan mematikan senyawa penyebab nyeri dalam tubuh.

Manfaat anti-inflmasinya bisa membantu menenangkan kulit iritasi dan kemerahan. Sebuah studi menemukan, mengonsumsi gabungan jahe dan kunyit bisa membantu memperbaiki kondisi kulit secara menyeluruh.

2. Melawan penuaan dini

Jahe juga dipenuhi dengan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kanker, terutama kanker ovarium, ujar Ansel.

Antioksidan juga bisa melindungi kulit melawan radikal bebas yang bisa mempengaruhi produksi kolagen. Artinya, jahe bisa membantu melawan penuaan dini.

3. Menyembuhkan mual dan kembung

Secangkir teh jahe bisa membantu mengosongkan perut, sehingga makanan tidak berdiam di dalamnya. Jahe juga bisa menenangkan pertu dengan cara mengeluarkan gas dan kekembungan.

Secara umum, jahe juga sudah terbukti secara klinis bisa membantu mengurangi mual, baik karena mabuk perjalanan, efek kemoterapi, sampai akibat kehamilan.

4. Menurunkan kolesterol buruk

Jahe bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Belum lagi, properti pengencer darah dalam jahe bisa membantu mencegah penggumpalan darah. Hal ini menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Namun, jika Anda sudah mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan jahe.

5. Melawan gejala flu

Sedang flu dan meriang? Segera saja konsumsi jahe. Gingerol yang bisa melawan inflamasi ternyata juga memiliki kandungan antimikroba dan antijamur.

Ini artinya jahe bisa melawan infeksi dan mendongkrak sistem imun.

Berikut ramuan jahe untuk diminum saat tidak enak badan: campurkan satu cankir air hangat dengan dua sendok makan parutan jahe segar, air perasan satu buah lemon, dan setengah sendok makan madu.

Anda juga bisa memasukkan satu sendok teh jahe ke dalam semangkuk sup ayam untuk mendapatkan manfaat lebih.


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.