<-->

5 Tips Mudah Agar Foundation Tak Mudah Luntur untuk Kulit Berminyak

ilustrasi
Pernah mengalami momen saat makeup tiba-tiba luntur, padahal baru beberapa jam saja digunakan? Hal seperti ini mungkin lebih sering dialami oleh para pemilik kulit berminyak. Nah, melakukan touch up di saat seperti ini ternyata berisiko, lho. Selain dapat membuat tampilan riasan wajah jadi kurang natural, foundation pun akan terlihat cakey dan kurang menempel, apalagi jika tidak dilakukan dengan teknik yang benar. Mengaplikasikan makeup supaya tahan lama pada kulit yang berminyak memang jadi tantangan tersendiri, terutama saat memakai foundation. Namun, bukan berarti tidak ada solusi sama sekali. Untuk mengatasinya, coba deh terapkan 5 tips mudah berikut agar foundation tetap awet dan tahan lama pada kulit berminyak!
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Aplikasikan Es Batu ke Wajah Sebelum Mengaplikasikan Primer

Mengaplikasikan es batu ke seluruh wajah yang telah dibersihkan merupakan cara efektif yang sudah diwariskan sejak generasi ibu, atau nenek kita untuk membuat foundation lebih tahan lama, khususnya pada kulit berminyak. Efek dingin es batu diketahui dapat mengencangkan pori-pori wajah serta merangsang kelenjar sebum untuk mengurangi produksi minyak. Dengan begitu, foundation pun akan tampak lebih awet, mudah menempel, serta bebas luntur karena wajah tak mudah berminyak.

Rutin Lakukan Deep Cleansing

Siapa sangka jika rutin melakukan deep cleansing dapat membuat foundation lebih tahan lama pada kulit yang berminyak? Deep cleansing sendiri merupakan metode membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Ada beberapa tahapan deep cleansing yang perlu diketahui, salah satunya exfoliating yang bertujuan untuk membersihkan kotoran hingga ke dalam lapisan kulit terbawah. Mengeksfoliasi wajah dengan menggunakan exfoliating toner dapat kamu lakukan sebelum memakai foundation. Tapi, jangan lupa gunakan hydrating toner juga agar wajah terasa lebih lembap dan tidak mengalami kekeringan, ya!

Gunakan Mattifying Foundation

Hal yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak adalah menggunakan foundation yang memiliki hasil akhir satin, shimmery, atau efek lainnya yang membuat tampilan kulit wajah jadi berkilau. Menggunakan foundation dengan efek tersebut pada kulit yang berminyak justru hanya akan membuat tampilan kulit kurang enak dipandang karena makin tampak seperti kilang minyak. Oleh karena itu, pilihlah foundation yang matte. Namun, tetap pastikan foundation yang kamu gunakan memiliki formula khusus yang dapat melembapkan kulit agar tekstur foundation tidak mudah terlihat “pecah”.

Gunakan Translucent Powder

Translucent powder adalah salah satu kunci agar foundation jadi lebih mudah set dan tahan lama. Dalam memilih loose powder, ada baiknya kamu menghindari mineral powder karena sifatnya dapat memberikan kilau pada wajah. Translucent powder merupakan sahabat terbaik bagi kulit berminyak karena dapat menyerap minyak sekaligus mengunci foundation di kulit.

Semprotkan Setting Spray

Setelah mengaplikasikan translucent powder, menyemprotkan setting spray ke seluruh wajah dapat menjadi cara terbaik lainnya yang dapat dilakukan agar foundation tetap stay di kulit. Setting spray sendiri terdiri atas dua jenis, yakni yang bersifat mattifying dan dewy. Pastikan kamu menggunakan yang berjenis mattifying agar hasil matte yang diinginkan lebih maksimal.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.