Aneh, Kalender Tahun 1979 Sama Persis Dengan Tahun 2018





      Media sosial dibuat heboh dengan munculnya foto yang membandingkan kalender tahun 1979 dan 2018. Dua kalender ini terlihat sangat mirip, memiliki kesamaan tanggal dan hari. Hal ini membuat sebagian netizen melihat kejanggalan ini sebagai hal yang mistis dan aneh. Terkait dengan fenomena ini, akun Facebook Afwa Al Khawarismi mencoba memberikan penjelasan mengenai kejanggalan peristiwa ini.



"Kesamaan kalender itu terjadi adanya siklus dalam perjalanan waktu dari tahun ke tahun," tulisnya.


Ia juga menuturkan jika hal ini merupakan siklus yang berulang, berpola 6-11-11-6, atau juga siklus 28 tahunan. Jadi kesamaan kalender itu bukanlah hal yang mistis, dan pasti terjadi.


"Kalender 2018 juga sama dengan 2001,2007,2024 dst," lanjut penjelasan Afwa

Hal ini pun dibenarkan oleh penjelasan dari Thomas Djamaluddin, Profesor Riset Astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Seperti yang dilansir dari Tribunnews, Thomas menuturkan adnya siklus tahunan yang membuat terulangnya pola yang sama, dan kadang tak disadari kita.


Seperti tahun 1997 sama dengan 2014. Umumnya kesamaan ini terjadi setiap 28 tahun sekali. Angka 28 ini merupakan perkalian antara 4 yakni tahun kabisat yang berlangsung setiap 4 tahun sekali dengan 7 yakni jumlah hari dalam seminggu.


Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.