Arab Saudi Izinkan Wanita Menonton Pertandingan Sepak Bola



     Biasanya, pertandingan sepak bola antara klub Al-Hilal dan klub Al-Ittihad hanya ditonton para pria di Arab Saudi.



Namun berbeda pada hari Jumat, 12 Januari 2018. King Fadh International Stadium di Kota Riyadh menjadi saksi sebuah momentum penting, yakni dibolehkannya wanita menonton pertandingan olahraga secara langsung.

Dilansir dari laman Time, oleh pemerintah Arab Saudi, wanita yang menggemari sepak bola sebelumnya hanya diizinkan menonton pertandingan melalui televisi di rumah. Larangan serupa juga berlaku pada pertandingan-pertandingan lainnya, sehingga terkesan olahraga hanya sebagai konsumsi pria.

Menurut laporan surat kabar The Guardian, pernah terjadi beberapa kasus wanita ditangkap ketika kedapatan masuk ke stadion untuk menyaksikan pertandingan olahraga.

Salah satunya terjadi pada 2014, ketika belasan wanita gagal melewati tangga menuju kursi penonton. Mereka ditangkap dan dikembalikan paksa ke keluarganya.

Pemerintah Arab Saudi mulai melunak terhadap tuntutan kesetaraan hak wanita di ruang publik sejak Oktober 2017. Dimulai dari diberikannya izin berkendara, izin bekerja di bandara, dan sekarang izin menyaksikan pertandingan olahraga di stadion.

Ada tiga stadion di Arab Saudi yang boleh dikunjungi wanita, yaitu stadion di pusat Kota Riyadh, stadion di Kota Jeddah, dan stadion di Kota Dammam. Ketiga stadion tersebut menyediakan area kursi khusus bagi keluarga, termasuk di dalamnya untuk penonton wanita.


Sumber : Liputan6

No comments

Powered by Blogger.