Bahan Alami Berikut Dipercaya Mampu Mengobati Jerawat pada Kulit Kepala

ilustrasi
Meski tertutupi rambut, jerawat pada kulit kepala atau scalp acne tetap saja menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Apalagi jika tidak sengaja tersentuh atau terkena sisir. kamu sebenarnya dapat terhindar dari masalah ini dengan lebih menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Jika sudah kejadian, segera obati jerawat pada kulit kepala agar tidak semakin parah kondisinya. Untuk mengurangi risiko iritasi akibat bahan kimia yang terlalu keras, kamu bisa menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan ini. Sudah pernah coba?



Tea Tree Oil
Kamu yang sudah ‘langganan’ berjerawat, tentu sudah tak asing lagi dengan bahan alami yang satu ini. Selain ampuh untuk jerawat pada wajah, tea tree oil juga ampuh untuk mengobati jerawat pada kulit kepala. Tea tree oil memiliki kandungan anti bakteri dan anti-inflammatory yang dapat membantu melawan scalp acne. kamu bisa menggunakannya dengan cara mencampurkan tea tree oil dan olive oil, lalu pijat perlahan pada kulit kepala, dan biarkan selama 1-2 jam sebelum dibilas.

Jus Tomat

Tomat kaya akan kandungan salicylic acid yang dikenal efektif untuk menangani scalp acne. Selain itu, tomat juga dapat membantu mengurangi produksi sebum yang merupakan salah satu penyebab utama jerawat dan menjaga pH kulit agar tetap seimbang. Untuk menggunakannya pun mudah! Cukup lumatkan tomat hingga halus dan oleskan pada kulit kepala hingga merata sambil sedikit dipijat. Diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini satu kali sehari hingga jerawat mulai berkurang.

Bawang Putih

Tak hanya tomat, bawang putih juga kaya akan kandungan salicylic acid yang bagus untuk mengobati jerawat. Bawang putih juga memiliki kandungan anti-oksidan, anti-viral, dan anti-fungal yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit kepala. Untuk menggunakannya, rebus 4-6 siung bawang putih dalam 3 cangkir air selama 5 menit, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk membilas rambut kamu. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hingga bersih. Kalau ingin yang lebih praktis, kamu bisa langsung meletakkan irisan bawang putih pada area yang berjerawat.

Pepaya

Pepaya memiliki kandungan papain dan chymopapain, dua enzim yang memiliki khasiat sebagai anti-fungal, anti bakteri, dan anti-viral. Tak hanya itu, pepaya juga emiliki kandungan anti-inflammatory yang dapat mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan radang pada kulit kepala berjerawat. Untuk menggunakannya, lumatkan sepotong pepaya beserta kulit dan bijinya. Aplikasikan pepaya yang sudah dilumatkan pada area yang berjerawat. Diamkan selama 20-30 menit atau hingga mengering. Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Pala

Pala memiliki kandungan healing properties dan anti-inflammatory yang mampu meredakan peradangan pada jerawat. Selain itu, pala juga memiliki sifat anti-viral dan anti bakteri sehingga dapat mengurangi risiko infeksi dan pori-pori tersumbat, sekaligus mengontrol minyak pada kulit. Kandungan astringent alami pada pala juga dapat sangat berguna untuk jerawat yang berupa cyst. Untuk menggunakannya, campurkan pala bubuk dengan susu segar, aduk hingga membentuk pasta dan aplikasikan pada kulit kepala yang mengalami jerawat. Diamkan selama satu jam sebelum dibersihkan dan dibilas dengan sampo.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.