Benarkah Lemon Water Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Faktanya



     Zaman sekarang, banyak orang sudah sadar akan gaya hidup sehat dan mulai menerapkan minum minuman sehat, salah satunya adalah lemon water. Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup memasukkan irisan lemon ke dalam air dan diminum begitu saja. Efeknya dipercaya lebih baik jika lemon dibiarkan terendam lebih lama di dalam air.



Beberapa sumber kesehatan mengatakan bahwa lemon water membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh, meningkatkan imun dan menjadi air minum detoks yang membantu membuang racun dari dalam tubuh.

Banyak orang minum air lemon karena dipercaya bisa menurunkan berat badan. Tapi benarkah minum air lemon bisa menurunkan berat badan?

Ahli diet Wesley Delbridge, R.D., dari Academy of Nutrition & Dietetics, mengungkapkan dalam Women's Health Magazine, bahwa minum air lemon di pagi hari adalah awal yang sehat karena rendah kalori. Tapi bukan lemonnya yang banyak berperan di sini, tapi justru airnya. Karena kebanyakan orang kurang minum air putih.

Orang masa kini termotivasi lebih sehat karena mengikuti tren minum lemon water. Setelah minum lemon water, mereka merasa efek baik pada tubuh seperti kulit kencang dan lebih berseri, buang air besar lancar dan turun berat badan. Sebenarnya itu adalah efek minum air putih.

Baik itu minum air putih hangat, dingin, punya rasa atau tidak berasa, akan lebih baik dibanding tidak minum air sama sekali pagi hari. Ketika dehidrasi bisa melambatkan metabolisme, air pada lemon water bisa mempercepat metabolisme sekaligus jadi pengganti minuman lain yang punya kalori tinggi sehingga mengurangi potensi kenaikan berat badan.

Meski begitu, karena kandungan vitamin C pada lemon, lemon water punya sedikit kelebihan dibandingkan air putih biasa. Tapi jika digadang bisa menurunkan berat badan, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal itu. Penurunan berat badan pada seseorang yang minum lemon water pasti didukung dengan pola sehat lainnya seperti makan buah dan sayur serta olahraga.

Jadi, benarkah lemon water bisa menurunkan berat badan? Bisa jadi, jika kamu juga mengimbanginya dengan mengurangi makanan berlemak dan lebih banyak olahraga.

Sumber : Vemale

No comments

Powered by Blogger.