Cara Membuat Kipas Angin Sederhana dari Kain Bekas



     Siapapun pasti pernah merasa gerah dan butuh angin segar saat harus beraktivitas di tengah terik matahari. Kamu bukan cuma butuh minuman penghilang haus, tetapi juga sebuah kipas yang siap menemani hari- harimu. Kalau malas membelinya, well, bagaimana kalau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana?



Nah, di artikel ini, kita akan belajar cara membuat satu kipas angin tangan sederhana yang bisa kamu bawa ke mana saja.



Alat dan Bahan



  • 2 batang kayu pipih seperti batangan es lilin atau es krim. Ukurannya bebas, tapi idealnya 5x 15cm
  • Double tape
  • Kertas tebal seperti kertas untuk scrapbook
  • Sisa kain bekas
  • Pensil, lem, dan gunting


Cara Membuat



  1. Rekatkan kedua batang kayu atau batang es lilin dengan double tape yang nantinya akan dijadikan pegangan atau handle kipasmu.
  2. Tentukan bentuk kipasnya sesuai dengan ketersediaan bahan dan juga imajinasimu sendiri.
  3. Setelah mendapatkan bentuk kipas yang diinginkan, gambar atau cetak bentuknya di atas kertas yang sudha kamu siapkan sebanyak dua kali. Kalau kamu takut bentuknya tidak sama, buat satu bentuk yang sudah digunting, lalu jiplak di kertas satunya.
  4. Gunting gambar atau cetakan kipas di atas kertas dengan seksama.
  5. Dengan menggunakan cetakan kipas yang telah tergunting rapi, gunting kain bekas mengikuti bentuk kipas yang diinginkan.
  6. Lekankan kain dengan bagian luar kipas dan biarkan kering secara sempurna.
  7. Setelah mendapatkan badan kipas yang telah terbalut dengan sisa kain bekas, kamu siap merekatkan pegangan atau handle di bagian dalam pada posisi tengah kipas. Gunakan double tape untuk hasil perekatan pada dua sisi yang lebih sempurna.
  8. Satukan kedua bagian kipas dan lem bagian sisi setiap badan kipas sehingga semua bagian menyatu dengan baik dan merata.


Tips Tambahan

Untuk kalian yang punya mesin jahit atau keahlian menjahit, boleh menambahkan sedikit aksen zig-zag pada bagian sisi kipas. Hasilnya pun menjadi semakin manis dan menambah bobot pada penampilan keseluruhan kipas cantik hasil kreasimu.

Perlu diingat bahwa badan kipas harus berbanding proposional pada pegangan atau handle dari kipas tersebut. Kalau kamu tidak bisa menemukan batang pipih yang berukuran besar, sesuaikan saja besar badan kipas supaya pegangan bisa menopang badan kipas secara baik.

Nah, mudah bukan? Saatnya untuk mencari bahan- bahan yang diperlukan dan mulai mencoba membuat DIY kipas cantik yang siap dibawa dan disimpan dengan mudah di dalam tas bawaanmu. Selamat mencoba!


Sumber : Qlapa

No comments

Powered by Blogger.