Desa di Rusia Dilanda Suhu Dingin Ekstrem hingga Minus 62 Derajat Celcius


Bulu mata warga Rusia membeku akibat suhu ekstrem di Rusia. sumber photo:okezone
Sebuah desa di Rusia dilanda suhu dingin ekstrem yang mencapai minus 62 derajat Celcius. Tak pelak, suhu rendah ini bahkan menyebabkan desa itu termasuk warganya yang keluar rumah. Desa tersebut merukapan Desa Oymyakon.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Badan Cuaca Rusia sebelumnya mencatat suhu di Desa Oymyakon hanya mencapai minus 59 derajat celcius. Namun, warga lokal yang melakukan pengukuran menyatakan, jika suhu sempat menyentuh minus 67 derajat celcius. Angka itu hanya kurang satu angka lagi untuk mencapai suhu minus yang bisa diterima di pemukiman penduduk di mana pun di dunia.

Sebagaimana dilansir dari Metro, Rabu (17/1/2018), suhu ekstrem ini juga pernah melanda Desa Oymyakon pada 1933. Suhu dingin tersebut bahkan telah mampu membekukan bulu mata warga yang keluar dari rumah mereka untuk beraktivitas.

"Kami penduduk setempat takut untuk pergi keluar dalam kondisi dingin seperti ini. Tapi para turis yang datang berwisata tetap melanjutkan aktivitas mereka dengan senang hati. Bahkan ada dari mereka yang nekat berenang.

Termometer digital dipasang tahun lalu di kawasan desa untuk membantu warga dan wisatawan mengetahui suhu. Namun, termometer tersebut dilaporkan pecah ketika suhu terlalu dingin dan mencapai angka terendah.

Suhu dingin juga dirasakan di wilayah sekitar seperti Siberia. Di Siberia, ikan-ikan yang dijual di pasar dilaporkan membeku.

Pada 1933, suhu ekstrem tercatat mencapai minus 67,7 derajat Celcius di Oymyakon dan ditetapkan sebagai yang terendah di belahan bumi utara. Suhu yang lebih rendah dicatat di Antartika, tapi di sana diketahui tidak ada pemukiman penduduk yang dihuni secara permanen.

Sumber:okezone

No comments

Powered by Blogger.