DIY Vas Bunga Cantik Dari Botol Kaca Bekas



    Mendaur ulang atau recycle adalah sebuah kegiatan penuh manfaat buat diri sendiri atau lingkungan sekitar. Dari benda-benda bekas yang ada di rumah, sebenarnya banyak sekali ide kreatif yang bisa kamu kreasikan. Cuma dengan sedikit bahan, waktu, dan tenaga, bukan tidak mungkin karya DIY dari bahan bekas buatanmu bisa menjadi dekorasi rumah yang menarik dan berfungsi dengan baik.



Kali ini kami mau mengajakmu membuat vas bunga lucu dari botol kaca bekas. Dengan motif keren dan artistik, hasilnya pasti bakal sangat menarik kalau dijadikan sebagai pajangan di ruang tamu atau kamar tidur. Penasaran dengan betapa gampangnya vas bunga cantik ini? Ikuti cara pembuatannya berikut ini:



Bahan- bahan yang dibutuhkan:


  • Tiga sampai enam buah botol kaca kosong, baik bekas soda, bir, ataupun sirup.
  • Cat semprot dengan beberapa variasi warna sesuai selera.
  • Selotip
  • Cat dan kuas dengan warna sesuai selera


Cara Membuat:



1. Cuci botol hingga bersih. Gunakan sikat khusus botol untuk membersihkan bagian dalam botol dengan sempurna. Sedangkan untuk permukaan luar botol, lepaskan label yang menempel dengan cara merendam botol di air hangat supaya dapat mudah dilepaskan tanpa ada sisa lem yang merekat.

2. Karena kamu akan menggunakan cat semprot dan beberapa perkakas mengecat, usahakan untuk bekerja di luar rumah supaya tidak sampai mengotori bagian dalam rumah. Bagian balkon atau halaman biasanya sangat ideal karena juga bisa membantu proses pengeringan dari sinar matahari. Bentangkan beberapa lembar koran untuk melindungi lantai dari tumpahan cat.

3. Setelah botol kering dengan sempurna, gunakan cat semprot dengan hati-hati dan berjarak sekitar 15 cm. Biasanya kamu hanya perlu menyemprot sebanyak satu kali untuk permukaan botol kaca, namun untuk hasil yang lebih pekat, semprotkan sebanyak dua kali secara merata. Biarkan kering dalam kurun waktu 45 menit hingga satu jam. Tergantung selera, atur pilihan warna yang dinamis dan saling melengkapi dari berbagai variasi warna yang berbeda.

4. Sampai disini, kamu sudah punya beberapa botol kaca yang telah tertutupi cat semprot dengan rapi. Untuk perpaduan total yang serasi, pilih sekitar dua atau tiga botol untuk didekorasi lebih lanjut dengan selotip.



5. Mulai bentuk motif garis dengan berbagai kreasi pada permukaan botol yang ada. Motif liris di sekeliling botol ataupun menyerupai bintang kejora di bagian bawah botol juga bisa dicoba untuk tampilan yang artistik dan menarik.

Kalau kamu sudah yakin dengan posisi selotipnya, gunakan kuas dan cat dengan warna berbeda untuk menutupi seluruh bagian permukaan botol 1 kali lagi. Cat dengan rata dan hati-hati.

6. Biarkan botol mengering dengan sempurna di bawah terik matahari. Mulai bentuk motif garis dengan berbagai kreasi pada permukaan botol yang ada. Motif liris di sekeliling botol ataupun menyerupai bintang kejora pada bagian bawah botol juga bisa dicoba untuk tampilan yang artistik dan menarik.

Tergantung dari jenis cat yang kamu gunakan, biasanya cat butuh waktu pengeringan dengan rata – rata hingga 6 jam. Setelah yakin cat telah kering dengan baik, lepaskan selotip dengan hati- hati.

Inspirasi-inspirasi DIY dari berbagai sumber memang sangat menantang dan menarik untuk dicoba. Tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan waktu luang untuk hal yang positif ini. Sambil mendaur ulang, kamu pun akan semakin menghargai hasil olahan tangan kamu. Selamat ber-DIY!


Sumber : Qlapa

No comments

Powered by Blogger.