<-->

Fakta MSG, Penyedap Rasa yang Belum Banyak Diketahui




      Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan bahan penyedap rasa seperti MSG, sebab bahan ini sudah sering kita temukan di makan-makanan yang kita konsumsi. Bahkan, tak lengkap rasanya jika makanan tidak menggunakan MSG.



Hanya saja, beberapa orang masih percaya jika MSG tidak baik buat kesehatan. Beberapa dari kita juga beranggapan jika mengonsumsi MSG akan mengakibatkan kebodohan, hipertensi, hingga penyakit jantung. Padahal nih ya, MSG mengandung beberapa nutrisi dan gizi yang cukup baik buat kesehatan baik kesehatan fisik maupun psikis.



Lalu bagaimana fakta sebenarnya tentang MSG? Prof Hardinsyah MS PhD, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Pakar Pangan dan Gizi Indonesia, menjelaskan berdasarkan hasil riset terhadap keamanan dan efikasinya MSG dinyatakan aman. Bahkan, penelitian di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia membuktikan bahwa MSG yang digunakan dalam produk pangan atau sebagai bumbu masakan aman dikonsumsi semua orang. MSG juga menjadi penyedap masakan yang tak hanya enak tetapi bernutrisi buat tubuh. 

“Manusia membutuhkan tiga zat gizi untuk tubuhnya, natrium 12 persen, glutamat 78 persen, dan air 10 persen. Tiga zat ini bermanfaat bagi tubuh, asalkan tidak berlebihan. Nah, glutamat tersebut ialah sumber rasa umami,” ujar Prof. Hardinsyah saat ditemui dalam acara, "PT. Ajinomoto Memberikan Pemahaman Mengenai MSG," di Kebun Sirih.

MSG dinyatakan aman juga karena Natrium dalam MSG 12 persen, sedangkan garam dapur Natriumnya mencapai 40 persen. Di Amerika Serikat MSG meruoakan ingredient pangan yang aman dan umum seperti halnya garam, baking soda, dan lada.

Glutamat dalam pangan terdapat dalam protein sebagaimana asam amino lainnya. Glutamat ini sendiri ditemukan dalam jaringan tanaman dan hewan seperti keju, tomat yang matang, apel, rumput laut, hingga Air Susu Ibu atau ASI.

Prof. Hardinsyah pun mengatakan glutamat ini memiliki kelebihan yang baik bagi tubuh seperti pendonor gugusan amino, pembentuk protein, sumber energi usus, aktivator neurotransmitter fungsi otak dan kecerdasan kognitif maupun pembentukan sel imun.

“Itu mengapa MSG aman untuk digunakan asalkan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya,” tutupnya.


Sumber : vemale

No comments

Powered by Blogger.