<-->

Insiden Mochi 'Maut' yang Renggut 2 Nyawa di Jepang

sumber photo:detik
Dua warga negara Jepang dilaporkan meninggal usai memakan kue mochi. Keduanya tersedak saat memakan kue beras tradisional itu.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dilansir dari BBC, Selasa (2/1/2018), keduanya memakan mochi saat momen pergantian tahun kemarin. Tak dijelaskan lebih jauh mengenai identitas keduanya, termasuk lokasi dua korban memakan mochi tersebut.

Selain dua orang tersebut, ada sejumlah orang lain yang berada dalam kondisi kritis usai tersedak kue mochi.

Kue mochi mungkin sekilas tidak berbahaya, namun kudapan kenyal ini telah menyebabkan beberapa nyawa melayang di tahun-tahun sebelumnya.

Kue mochi dibuat dengan bahan dasar beras. Beras dikukus, kemudian ditumbuk dan dihaluskan.

Mochi yang telah dibentuk kemudian dipanggang atau direbus. Panganan ini memang kerap dihidangkan dalam suasana pergantian tahun.

Lalu bagaimana mochi bisa menyebabkan kematian?

BBC menjelaskan, roti tersebut kenyal dan lengket saat dimakan. Ukurannya yang cukup besar membuat penikmatnya harus 'bersusah payah' mengunyahnya sebelum menelannya.

Biasanya anak-anak dan orang lanjut usia kerap kesulitan untuk mengunyahnya. Jika tidak dikunyah terlebih dahulu dan langsung menelannya, mochi bisa 'terjebak' di tenggorokan dan pelan-pelan menyebabkan mati lemas.

Mengutip dari media berbahasa Jepang, 90 persen dari korban meninggal karena tersedak mochi berusia 65 tahun atau lebih.

Sumber:detik

No comments

Powered by Blogger.