<-->

Kanker, TKW Legal Asal Lhok Nibong Dipulangkan

Anggota DDD RI asal Aceh, Sudirman (Haji Uma) sesaat setelah menerima pemulangan jenazah, Mulyadi dari Malaysia melalui Bandara Kuala Namu, Medan untuk selanjutnya dipulangkan ke kampung halamannya di Aceh Timur menggunakan ambulans.sumber photo:tribunnews
Eka Saputri, perempuan asal Pante Rambong Lhok Nibong, Aceh Timur yang selama ini sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di Malaysia tanpa berdokumen resmi alias ilegal, akhirnya berhasil dipulangkan ke Aceh untuk berobat atas kanker rahim stadium empat yang dideritanya.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Senator Aceh, H Sudirman yang akrab disapa Haji Uma mengabarkan hal itu kepada Serambi di Jakarta, Rabu (24/1). Menurutnya, perempuan tabah ini pulang bersama anaknya, Yarizid Rizki, yang lahir di Malaysia, 5 Desember 2016.

Eka Saputri bekerja di Malaysia tanpa dilengkapi dokumen legal. Ia memilih dipulangkan ke Aceh, selain karena persoalan izin tinggal, juga lantaran biaya berobat yang jauh lebih mahal dibanding di Aceh.

Menurut Haji Uma, Eka Saputri memilih pulang ke Aceh dan menjalani pengobatan di tanah kelahiran karena biaya lebih murah. “Berobat di Malaysia mahal. Di samping yang bersangkutan tidak memiliki dokumen izin tinggal yang legal di Malaysia,” kata Haji Uma yang ikut urun rembuk membiayai kepulangan Eka ke Aceh.

Haji Uma mengatakan, dirinya memperoleh informasi tentang kondisi Eka, dari Ketua Komunitas Kesatuan Aneuk Naggroe Aceh (KANA), Abu Saba.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore
Senator yang juga bintang film komedi Aceh, Eumpang Breuh itu, kemudian menindaklanjutinya dengan membangun komunikasi intensif dengan Kepala Dinas Sosial Aceh dan BP3TKI di Aceh guna membantu pengurusan proses pemulangannya.

“Alhamdulillah, setelah kurang lebih sebulan proses pengurusan oleh BNPTKI dan KBRI di Malaysia dan dikawal Abu Saba, akhirnya didapat informasi bahwa Eka Saputri terbang dari Kuala Lumpur ke Jakarta dan terus ke Banda Aceh,” ujar Haji Uma.

Haji Uma menambahkan, bahwa setibanya di Banda Aceh Eka Saputri diupayakan segera mendapatkan proses pengobatan rumah sakit di Banda Aceh. Untuk hal ini, dirinya telah berkomunikasi dengan BP3TKI untuk membantu biaya berobat di Banda Aceh.

Menurut Haji Uma, dirinya juga sudah berkomunikasi dengan Camat Lhok Nibong dan pihak keluarga yang bersangkutan untuk turut berangkat ke Banda Aceh karena kemungkinan Eka Sapitri akan langsung dirawat di Banda Aceh.

Selain itu, Haji Uma mengharapkan Pemerintah Aceh memberi perhatian menemukan solusi mengatasi persoalan warga Aceh di Malaysia yang kian hari semakin sering berhadapan dengan masalah serupa.

Menurut Haji Uma, perlu dikaji kemungkinan Pemerintah Aceh memiliki perwakilan di Malaysia yang bersinergi dengan pihak terkait lainnya dalam upaya penanganan warga Aceh bermasalah di negeri jiran itu.

Sumber:tribunnews

No comments

Powered by Blogger.