<-->

Ladies, Inilah Manfaat Mengenakan Kaos Kaki untuk Kesehatan

sumber photo:vemale
Sejauh ini apa yang membuat kamu mengenakan kaos kaki? Untuk menghindari kaki belang terkena paparan sinar matahari? Atau untuk mencegah kaki bau saat mengenakan sepatu tertutup? Ternyata selain itu, kaos kaki memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan lho! Tidak hanya sekedar warna dan motifnya yang lucu untuk dipadupadankan dengan outfit kamu.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Semua aktivitas mulai dari berolahraga, bekerja, jalan-jalan, atau hanya keluar sebentar pasti membutuhkan kaos kaki sebagai pelindung telapak kaki. Kaki yang bermasalah tentu akan membuat kegiatan dan aktivitasmu terhambat. Selain menjaga kaki kamu tetap bersih dan kering, kamu juga harus rutin untuk mencuci kaki, menggunting kuku kaki dengan benar dan menggunakan kaos kaki yang bersih.

Masih penasaran apa saja manfaat mengenakan kaos kaki yang bisa kamu dapat? Berikut penjelasannya:

Mencegah Kaki Lecet

Ketika kamu mengenakan sepatu baru atau setelah seharian berdiri menggunakan high heels, pasti kamu sering kali mengalami yang namanya lecet-lecet di salah satu bagian kaki kamu. Entah itu karena sepatu baru yang masih kaku sehingga bergesekan dengan kulit kaki kamu atau ujung sepatu high heels yang terlalu sempit, pasti rasanya sangat tidak nyaman dan perih ketika kamu berjalan. Ujung ujungnya aktivitas kamu terhambat akibat kaki yang lecet.

Salah satu cara menghindari kaki lecet saat menggunakan sepatu adalah dengan menggunakan kaos kaki. Bagi kamu yang bekerja dengan posisi berdiri lama, kaos kaki bisa menjadi fashion item yang dapat mencegah kaki kamu bengkak dan lecet. Dengan menggunakan kaos kaki, kulit kakimu akan terhindar dari lecet akibat gesekan dengan dinding atau alas sepatu. Dan tentu saja dapat menghindari kakimu dari lecet akibat benda asing lainnya jika kamu menggunakan alas kaki yang tidak tertutup, seperti sandal.

Mencegah Cidera Saat Berolahraga

Jenis kaos kaki yang kamu pilih akan memengaruhi kenyamanan, keamanan, dan bahkan performa kamu ketika berolahraga. Fungsi utama kaos kaki olahraga adalah untuk mengurangi gesekan, menyediakan bantalan yang tepat, menjaga kaki agar tetap kering, dan semua hal yang akan menambah resiko cidera seorang atlet.

Sebaiknya kamu mengenakan kaos kaki khusus untuk berolahraga ketika akan melakukan aktivitas fisik. Pilihlah dari bahan yang menyerap keringat dengan baik. Kemampuan kaos kaki ini penting untuk menjaga kaki agar tidak bau, menjaga agar tetap kering, dan mencegah lecet. Bahan yang bisa kamu pilih adalah wol, polyester dan akrilik.

Mencegah Bau Kaki

Tahukah kamu bahwa kaki memiliki kelenjar keringat terbanyak dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain? Setiap kaki memiliki sekitar 120.000 kelenjar keringat, lho! Wajar saja jika setelah seharian kamu beraktifitas dengan sepatu tertutup, kaki kamu menjadi berkeringat. Terkadang keringat berlebihan pada kaki itu dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Itulah alasan mengapa sebaiknya kamu menggunakan kaos kaki sebelum beraktivitas. Terlebih lagi jika sepatu yang kamu gunakan menutupi seluruh bagian kaki seperti sepatu boots. Penggunaan kaos kaki dengan bahan yang menyerap keringat akan mencegah bau pada kaki.

Pelindung dari Bakteri dan Jamur

Penggunaan kaos kaki di tempat ternyata sangat penting. Semua orang dianjurkan untuk melindungi kakinya di area publik agar tidak terinfeksi jamur dan bakteri yang terbang bebas di area tersebut. Selain melindungi kaki dari debu dan polusi, kaos kaki pun melindungi kakimu dari bakteri dan jamur.

Mengalami penyakit jamur di kulit kaki sangat tidak nyaman. Karena kakimu akan terasa sangat gatal sehingga mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Di musim hujan, sebaiknya kamu menggunakan kaos kaki anti bakteri untuk mencegah bakteri dari genangan air hujan masuk ke badan. Kaos kaki yang berbahan serat bamboo dikenal sebagai kaos kaki anti-bakteri, seperti kaos kaki yang dimiliki oleh 1000 Mile.

Menjaga Kelembaban Kaki

Menggunakan kaos kaki di siang hari yang terik terbukti mencegah kakimu belang akibat paparan ultraviolet. Selain itu, kaos kaki mampu melindungi kaki dari kulit kering. Kemampuan kaos kaki dalam menjaga kelembapan kulit kaki akan membuat kaki, khususnya tumit jadi lebih lembab dan tidak pecah-pecah. Kaos kaki pun sebaiknya dipakai ketika kamu tidur agar kakimu tetap lembab.

Caranya cukup mudah, gunakan pelembab setelah mencuci bersih kakimu, kemudian pakailah pelembab untuk kaki sebelum menggunakan kaos kaki. Kelembapan kaki yang terjaga sepanjang malam akan membuat kulit kering pada kaki beregenerasi lebih cepat, sehingga kulit menjadi halus dan lembut. Lakukan perawatan ini setiap malam secara rutin untuk kulit kaki lembut dan tidak pecah-pecah.

Memberikan Rasa Hangat dan Nyaman pada Kaki

Fungsi kaos kaki lainnya bagi kesehatan adalah memberikan rasa nyaman dan hangat pada kaki. Terlalu lama duduk atau berdiri pada wanita yang bekerja akan menyebabkan kaki bengkak bahkan varises. Terutama pada ibu hamil yang melakukan perjalanan jauh. Penggunaan kaos kaki akan meminimalisasi risiko kaki bengkak dan cidera.

Saat malam hari, jika biasanya kamu tidur hanya menggunakan selimut saja, kali ini coba deh pakai kaos kaki. Rasa hangat pada kaki akan memperlancar aliran darah pada kaki, sehingga membuat tidur terasa nyenyak. Tidur yang berkualitas pun akan menurunkan kadar stress pada diri seseorang. Nah, ternyata kaos kaki memiliki manfaat yang banyak ya! Cek artikel di iPrice.co.iduntuk artikel kesehatan lainnya ya, ladies!

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.