<-->

Malaysia Jadi Tujuan Favorit TKI Asal Sukabumi

ilustrasi
Jumlah TKI asal Kabupaten Sukabumi yang dikirimkan ke luar negeri masih banyak. Mereka saat ini kebanyakan dikirim ke sejumlah negara Asia terutama negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

"Data TKI yang dikirim dalam periode Januari hingga Nopember 2017 sebanyak 1.089 orang," ujar  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi Ade Mulyadi kepada wartawan Senin (1/1). Seribuan TKI ini kata dia adalah yang tercatat resmi di Disnaktertrans.

Negara tujuan para TKI kata Ade paling banyak ke Malaysia yang pada 2017 ini mencapai sebanyak 281 orang. Sementara negara tujuan favorit lainnya yakni Singapura sebanyak 97 orang, Taiwan sebanyak 96 orang Brunai Darussalam 43 orang dan Hongkong 33 orang.

Sementara pengiriman tenaga kerja informal ke 19 negara tujuan di timur tengah masih dimoratorium terkecuali tenaga kerja formal atau pembantu rumah tangga. Para TKI ini yang diberangkatkan pada 2017 ini ungkap Ade, bekerja di sektor formal maupun informal atau pembantu rumah tangga.

Menurut dia, TKI yang berangkat ini berasal dari 46 kecamatan di Sukabumi. Sementara jumlah kecamatan di Sukabumi sebanyak 47 kecamatan. Sehingga ada satu kecamatan yang tidak mengirimkan TKI yakni Kalapanunggal.

Sedangkan jumlah TKI yang paling banyak di Sukabumi berasal dari Kecamatan Cisolok, Ciracap, dan Cikembar. Pada 2017 ini warga Cisolok yang berangkat ke luar negeri sebanyak 81 orang, Ciracap 37 orang, dan Cikembar 25 orang.

Di sisi lain, Kabupaten Sukabumi saat ini telah memiliki kantor layanan terpadu satu pintu (LTSP) penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI). Keberadaan kantor ini berada di kompleks perkantoran Disnakertrans Sukabumi.

Peresmian LTSP TKI ini dilakukan Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada 27 Desember 2017 lalu. " Dalam satu tempat ini semua layanan bisa diselesaikan oleh para calon TKI," ujar Marwan.

Sumber:republika

No comments

Powered by Blogger.