<-->

Mendadak Jari Tangan Bengkak, Ketahui Penyebabnya Ini Ladies

ilustrasi
Pernah mendapati jari tangan kamu tiba-tiba bengkak tanpa penyebab yang jelas? Jari tangan yang bengkak umumnya disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi ini juga sangat mengganggu sehingga sering kali membuat tidak nyaman, khawatir bahkan kurang percaya diri.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dilansir dari laman prevention.com, jari tangan yang bengkak bisa saja disebabkan oleh aktivitas yang padat. Di mana aktivitas tersebut memanfaatkan tangan untuk menyelesaikannya. Ada pun penyebab lain dari bengkaknya jari tangan antara lain sebagai berikut.

Kelebihan Konsumsi Garam
Ketika kamu terlalu sering konsumsi garam dalam jumlah berlebih, ini bisa membuat jari tangan bengkak. Tak hanya jari tangan, kandungan garam yang terlalu berlebihan di tubuh juga bisa membuat anggota tubuh lainnya bengkak. Kelebihan konsumsi garam juga sangat berisiko meningkatkan masalah obesitas.

Suhu Udara
Penyebab jari tangan bengkak selanjutnya adalah suhu udara. Suhu udara yang terlalu panas bisa menyebabkan jari-jari tangan tiba-tiba bengkak. Tak hanya suhu udara panas yang menjadi penyebab jari tangan bengkak, suhu tubuh yang di atas normal atau panas juga meningkatkan risiko jari tangan bengkak.

Pengaruh Makanan
Beberapa makanan bisa meningkatkan risiko jari tangan bengkak atau alergi. Makanan seperti kepiting, udang, lobster dan cumi-cumi mengandung logam yang tinggi dan menyebabkan jari tangan atau bagian tubuh lainnya bengkak.

Terkilir
Jari tangan yang terkilir atau memar juga bisa menyebabkan bengkak. Benturan pada area tangan tidak jarang juga menyebabkan jari melepuh hingga bengkak. Aliran darah yang kurang baik akibat terkilir juga meningkatkan risiko bengkaknya area jari tangan atau bagian tubuh lainnya. Untuk menurunkan risiko bengkak akibat luka atau terkilir, kamu bisa mengompres tangan dengan air es.

Kurangnya Cairan Tubuh
Pastikan untuk konsumsi air putih cukup setiap harinya. Jangan biarkan tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan. Kekurangan cairan dipercaya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah bengkaknya jari-jari tangan.

Rematik
ematik atau bahasa medisnya rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang sendi sehingga mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi termasuk sendi jari tangan. Jika kamu mendapati jari tangan bengkak bersamaan dengan risiko rematik, jangan panik ladies. Miliki istirahat cukup, hindari makanan yang menyebabkan rematik dan periksakan diri ke dokter atau klinik terdekat.

Preeklampsia
Ini merupakan gangguan kehamilan yang umumnya terjadi pada wanita hamil usia kehamilan 20 minggu. Sekitar 4 sampai 5 persen wanita mengalami gangguan ini dan umum ditandai dengan membengkaknya jari tangan, kaki atau wajah. Bagi ibu hamil yang mengalami gangguan ini, disarankan untuk segera mengobatinya. Jika tidak diobati, gangguan ini bisa menyebabkan gangguan lain yang lebih serius seperti gangguan ginjal, hati, stroke, edema paru bahkan kematian pada ibu dan janin.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab dari bengkaknya jari tangan secara tiba-tiba. Ketika kamu mengalami kondisi ini, pastikan untuk memiliki istirahat cukup, perbaiki pola makan, olahraga cukup dan segera periksakan kondisi kamu di dokter atau klinik terdekat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.