<-->

Merawat Kulit Sensitif Nggak Bisa Sembarangan, Ini Tipsnya

ilustrasi

Kamu memiliki jenis kulit yang sensitif? Merawat kulit yang sensitif memang harus sangat hati-hati. Kalau ceroboh, takutnya nanti kulit jadi iritasi atau infeksi.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan ketika merawat kulit yang sensitif. Selengkapnya, yuk ikuti info lengkapnya di sini.

Jangan Terlalu Kasar Mengaplikasikan Produk Kecantikan
Ini aturan paling penting yang harus diikuti oleh para pemilik kulit sensitif. Setiap kali menggunakan produk kecantikan, jangan terlalu kasar mengaplikasikannya. Karena kalau berlebihan, efeknya bisa membuat kulit kemerahan, gatal-gatal, bahkan iritasi.

Lakukan Skin Patch Test
Setiap kali akan membeli atau menggunakan sebuah produk kecantikan, lakukan skin patch test terlebih dahulu. Bisa dengan mengoleskannya produknya di permukaan kulit tangan untuk mengetes apakah ada reaksi negatif yang ditimbulkan. Kalau aman, baru bisa digunakan di wajah.

Gunakan Tabir Surya
Karena kulit sensitif itu sangat mudah iritasi atau mengalami gangguan kulit, sedikit saja terkena paparan sinar matahari efeknya bisa menyebabkan inflamasi dan kemerahan. Dikutip dari boldsky.com, untuk mencegahnya maka penting untuk mengenakan tabir surya setiap harinya. Apalagi kalau sering beraktivitas di luar ruangan, penting untuk memoleskan tabir surya terlebih dahulu di wajah secara merata.

Batasi Penggunaan Makeup Tebal
Kalau nggak perlu atau nggak penting-penting banget, mending nggak usah pakai makeup tebal. Keseringan pakai makeup tebal bisa membuat kulitmu yang sensitif jadi infeksi parah. Tapi sesekali pakai makeup tebal nggak apa-apa, asal setelah itu dibersihkan sampai tuntas.

Gunakan Toner
Pilih jenis toner yang bisa memberi efek mendinginkan kulit wajah. Menggunakan toner secara rutin juga penting agar kulit tidak kering.

Manfaatkan Susu Murni
Susu murni memiliki kandungan antibakteri yang dapat mencegah infeksi. Membilas wajah dengan susu murni diyakini bisa mencegah munculnya jerawat atau iritasi. Bisa dilakukan dua kali seminggu membilas wajah dengan susu murni untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan Air Mawar
Air mawar memiliki kandungan yang dapat mendinginkan berbagai jenis kulit. Untuk mencegah kulit kemerahan atau gatal, air mawar ini bisa digunakan secara rutin.

Gunakan Scrub Berbahan Alami untuk Eksfoliasi
Sel-sel kulit mati di wajah memang perlu diangkat secara rutin. Termasuk pada jenis kulit sensitif. Cuma scrub yang digunakan sebaiknya yang dari bahan alami dan buatan sendiri. Seperti menggunakan oatmeal yang dicampur dengan sedikit air hangat dan minyak kelapa atau menggunakan baking soda yang dilarutkan dengan air secukupnya.

Setiap produk perawatan kulit dan kecantikan pun harus dipilih yang benar-benar sesuai untuk kulit sensitif. Kalau kulit menunjukkan gejala kemerahan atau iritasi, segera hentikan penggunaannya ya.

Semoga tipsnya bermanfaat, ladies!

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.