<-->

Nyeri Telinga yang Berulang, Tanda Kanker yang Perlu Diwaspadai

ilustrasi
Karena sel kanker tersebar di seluruh bagian tubuh, maka tak mengherankan bahwa telinga pun bisa kena kanker.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Ya, meski cukup langka, kanker telinga bisa saja terjadi dan paling sering berkembang di lapisan luar kulit. Kemudian akan mempengaruhi salah satu dari tiga bagian telinga yaitu telinga bagian dalam, tengah, maupun luar.

Lalu, bagaimana gejalanya?

Dilansir dari thehealthsite.com, gejala yang paling terlihat adalah muncul benjolan merah muda di bagian luar telinga dengan permukaan bersisik yang keras. Kemudian diikuti dengan rasa nyeri di bagian tengah telinga dan benjolan tersebut sering mengeluarkan darah.

"Rasa sakit dalam telinga, sakit kepala, dan gangguan pendengaran lainnya sebaiknya tidak kamu sepelekan. Satu-satunya cara untuk mengonfirmasi kanker adalah dengan mengambil sejumlah kecil jaringan (biopsi) dari area abnormal telinga dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop."

"Dokter tidak mengambil biopsi di telinga bagian dalam karena selain sulit dijangkau, juga bisa menimbulkan masalah di struktur lain di sekitarnya. Untuk area ini, dokter akan melakukan diagnosa dengan menggunakan scan MRI atau CT scan."

"Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker telinga seperti operasi, radioterapi, atau kemoterapi. Pembedahan mungkin akan dilakukan dalam pembuangan saluran telinga sepenuhnya."

Sumber:merdeka

No comments

Powered by Blogger.