<-->

Tren Aneh di Kalangan Remaja Amerika: Tantangan Konsumsi Detergen




     Masih ingat dengan tren berbahaya skip challenge yang populer di kalangan remaja Indonesia tahun 2017 lalu? Saat itu para remaja dengan sengaja menekan dada temannya keras-keras sampai yang bersangkutan kejang dan pingsan sesaat.



Nah terkait hal tersebut di Amerika Serikat (AS) belakangan tampaknya muncul juga tren di kalangan remajanya yang tak kalah berbahaya. Disebut Tide Pods challenge, anak-anak ramai menelan sabun detergen.



Asosiasi Pusat Pengendalian Racun Amerika Serikat (AAPPC) melaporkan sepanjang Januari ini saja sudah ada 86 remaja dilarikan ke rumah sakit karena menelan detergen. Mengapa banyak yang mencobanya disebut karena ini adalah sesuatu yang sedang populer di internet.

"Menurut peneliti bagian otak prefrontal cortex yang mengatur kontrol diri masih berkembang pada remaja. Sementara itu di saat yang sama bagian 'kepuasan' pada otaknya ekstra aktif," ujar pembaca acara SciShow Stefan Chin mengomentari tren Tide Pods.

"Oleh karena itu seorang remaja cenderung akan lebih berani saat berhadapan dengan risiko yang ia tidak ketahui. Karena mereka lebih fokus pada hadiah/kepuasan daripada konsekuensinya," lanjut Stefan.

Ketika dimakan detergen dapat mengiritasi lapisan di dalam mulut menyebabkan apa yang tampak seperti luka bakar. Nah bila detergen ini sampai masuk ke paru-paru maka dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang bisa saja berujung fatal.



Sumber : detik

No comments

Powered by Blogger.