Untung besar dengan modal minim, coba 4 bisnis ramah lingkungan ini




      Saat menjalankan sebuah bisnis, keuntungan kerap menjadi tujuan utama dalam bisnis tersebut. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat bisnis hanya akan berjalan baik jika didukung oleh sistem keuangan yang sehat, salah satunya dengan adanya sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan secara berkala.



Meski demikian, berbisnis pada dasarnya tidak hanya soal untung dan rugi. Berbisnis juga menyangkut segala aspek kehidupan yang mengandung tujuan istimewa lain di dalamnya. Salah satunya dengan melestarikan lingkungan.

Berbisnis sekaligus bisa ikut serta menyelamatkan lingkungan, ini tentu tujuan yang sangat baik. Anda tidak semata-mata hanya memikirkan keuntungan saja, namun juga memiliki keinginan yang positif untuk memperbaiki atau bahkan sekedar mengurangi berbagai masalah yang terjadi di lingkungan sekitar.

Hal ini akan sangat menyenangkan, terutama bagi yang memang memiliki kepedulian khusus akan hal-hal yang membuat lingkungan menjadi lebih baik dan nyaman. Tak hanya itu, bisnis model ini juga hanya membutuhkan modal minim, mengingat bahan bakunya bisa didapat dari alam sekitar.

Berikut 5 bisnis menguntungkan sekaligus ramah lingkungan, seperti dikutip Cermati.

1. Souvenir pernikahan ramah lingkungan
Merdeka.com - Dengan mengandalkan kemampuan dalam mengolah berbagai barang bekas, maka Anda bisa memulai bisnis aksesoris daur ulang ini. Selain itu, aksesoris yang Anda buat juga bisa digunakan sebagai souvenir pernikahan.

Ada banyak benda bekas yang bisa dimanfaatkan, misalnya botol plastik, sisa kain perca atau flanel, sisa potongan kayu, atau bahkan dengan menggunakan batok kelapa. Buat dan jual barang-barang ini secara online, selain menguntungkan, Anda turut ikut serta menjaga lingkungan sekitar.

2. Mengolah sampah elektronik
Merdeka.com - Masih terkait dengan sampah yang kerap menimbulkan masalah akibat pengolahannya yang tidak tepat. Di antara berbagai jenis sampah, sampah elektronik menjadi salah satu yang tersulit untuk diatasi, sebab sampah ini memang sulit terurai kembali.

Ini lah yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis, yakni dengan ikut serta mengolah sampah elektronik yang jumlahnya semakin lama memang semakin banyak. Anda bisa mengumpulkan sampah-sampah ini dan menjualnya langsung kepada mereka yang berminat untuk mengolahnya kembali, atau bisa juga mengolahnya menjadi berbagai macam hiasan yang menarik.

3. Pengembang Aplikasi Hijau
Merdeka.com - Jika memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan aplikasi yang ramah lingkungan, maka bisa memilih bisnis yang satu ini. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap baik, namun mengenalkannya kepada masyarakat umum adalah tantangan utama yang tidak mudah untuk dilakukan.

Ini lah yang akan menjadi pekerjaan Anda, di mana Anda mengembangkan dan membuat aplikasi hijau dikenal dan memberikan manfaat positif bagi banyak orang

4. Salon kecantikan ramah lingkungan
Merdeka.com - Sebagian orang juga sudah begitu tertarik untuk ikut menggunakan beragam kosmetik organik yang ramah lingkungan. Hal ini akan sangat baik bagi kulit, terutama jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam meracik berbagai bahan organik tersebut menjadi kosmetik yang tepat.

Pelajari cara mengolah bahan-bahan ini dengan baik melalui informasi internet atau yang lainnya, sehingga manfaat yang bisa didapatkan dari kosmetik tersebut benar-benar maksimal. Selain itu, Anda juga perlu mengembangkan pengetahuan perawatan diri untuk melengkapi bisnis kosmetik Anda, yakni dengan mendirikan salon kecantikan.



Sumber : merdeka

No comments

Powered by Blogger.