<-->

5 Penyebab Kulit di Area Hidung Kering

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Sering nggak kamu mendapati ada area kulit kering di sekitar hidung? Hal ini tidak hanya terjadi pada pemilik kulit kering, namun juga kerap terjadi pada pemilik kulit kombinasi maupun berminyak. Padahal, area hidung juga menjadi area yang paling cepat berminyak. Duh! Sudah berminyak, ditambah kulit kering di sekitarnya pula. Sebalnya, dry patches atau area kulit kering ini akan membuat foundation kamu jadi ikut tidak merata dan flaky. Coba dicek, yuk! Mungkin 5 hal ini menjadi penyebab kulit area hidung kamu kering.
https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

1. Menggunakan Skin Care yang Terlalu Keras

Kulit pada area hidung, sekitar mulut, dan mata merupakan area yang cukup sensitif. Karenanya, jika kamu menggunakan produk skin care dengan bahan yang terlalu keras atau cenderung drying, wajar kalau muncul dry patch di area tersebut. Saat terkena produk dengan kandungan yang keras, kulit kamu dapat ‘retak’ atau terlihat pecah-pecah. Hal ini jadi salah satu indikasi kalau kulit kehilangan kelembapan, dan jika didiamkan saja akan menyebabkan kelembapan kulit menjadi kering dan flaky. Beberapa kandungan skin care yang perlu kamu perhatikan untuk dihindari dalam situasi ini adalah alkohol, benzoyl peroxide dan acid.

2. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi rutin memang esensial untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Saat kulit kamu terasa kering dan teksturnya kasar, eksfoliasi pun mungkin akan menjadi hal pertama yang kamu pikirkan. Mungkin kamu berpikir dengan eksfoliasi kulit kering akan terangkat dan kembali halus. Padahal, terlalu sering melakukan eksfoliasi malah akan merusak sel-sel kulit yang melindungi kelembapan kulit kamu, lho! Lebih baik batasi eksfoliasi maksimal 2-3 kali dalam seminggu saja, ya!

3. Aplikasi Produk yang Kurang Merata

Jika kulit kering kamu terdapat di sudut-sudut cuping hidung, hal ini mungkin disebabkan oleh aplikasi produk yang kurang merata. Tentu maksud kurang merata di sini bukanlah pemakaian pelembap yang melewatkan bagian hidung. Melainkan, pada saat kamu mengaplikasikan produk, seringkali produk ‘terkumpul’ di bagian sudut hidung yang memang agak menjorok. Jika kamu menggunakan produk dengan kandungan yang cukup keras dan tidak mengaplikasikannya hingga merata, produk akan terkumpul di area hidung dan membuatnya kering.

4. Terlalu Sering Menggosok Daerah Hidung

Hal ini nih yang kerap kamu lakukan saat sedang flu, namun tanpa kamu sadari kebiasaan ini dapat menimbulkan kulit kering di sekitar hidung. Saat kamu flu, terutama pilek, kamu akan sering menggosok hidung untuk mengelap lendir atau yang kerap disebut ingus. Begitu pula saat hidung kamu tersumbat, pasti kamu akan langsung mengeluarkan ingus menggunakan tisu sambil menggosok hidung cukup keras. Dan hal ini akan kamu lakukan berkali-kali tanpa kembali melembapkan area hidung. Saat tisu tergesek pada kulit berkali-kali, gesekan tersebut akan menyebabkan lapisan pelindung kulit terganggu, sehingga kulit kamu pun menjadi kering.

https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

5. Memiliki Kondisi atau Masalah Kulit

Beberapa gejala masalah kulit seperti eksim atau dermatitis adalah kulit kering, kemerahan, pecah-pecah, dan mengelupas. Hal ini paling sering terjadi pada area kulit yang sensitif seperti hidung maupun sekitar mulut. Jika penyebab kulit di sekitar area hidung kamu adalah karena kondisi kulit, umumnya kamu akan langsung menyadarinya. Karena gejala kondisi kulit ini kerap muncul di area kulit lainnya, seperti dahi maupun pada tubuh.

Nah, jika kulit di area hidung kamu kering karena beberapa hal di atas, maka, yang dapat kamu lakukan untuk menanganinya adalah sebagai berikut:

1. Berhati-hati memilih kandungan produk skin care. Jika kandungan aktif dalam skin care kamu cukup keras dan memiliki efek mengeringkan kulit, jangan lewatkan moisturizer setelahnya.
2. Kurangi dan batasi eksfoliasi maksimal 2-3 kali seminggu saja.
3. Selalu aplikasikan produk hingga merata, agar produk tidak menumpuk di sudut hidung.
4. Jika kamu harus membuang ingus, gunakan air atau tisu lembap. Jika tidak memungkinkan, selalu lembapkan kembali kulit di area hidung setelah membuang ingus. Jangan lupa untuk selalu membawa moisturizer, ya!
5. Cek dan kenali kondisi kulit kamu, lalu sesuaikan produk perawatan kulit dengan kebutuhan kulit kamu.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.