8 Makanan ini sering dikonsumsi mentah padahal aslinya bahaya banget




         Memakan daging mentah tampaknya sudah menjadi tren baru di kalangan masyarakat Indonesia. Kepercayaan terhadap kandungan gizi yang akan hilang setelah dimasak membuat orang memilih untuk lebih sering mengonsumsi makanan mentah.



Padahal tak sterilnya makanan dan bakteri yang masih hidup pada makanan tersebut sebenarnya juga tak baik untuk kesehatan pencernaan manusia. Oleh sebab itu makanan memang seharusnya dimasak terlebih dahulu untuk membersihkan bakteri dan kuman.

Tak hanya daging dan ikan mentah, rupanya sederet makanan ini juga sering dikonsumsi mentah karena dipercaya memiliki kadar gizi yang lebih tinggi. Padahal sebenarnya makanan yang dikonsumsi mentah ini bisa memberi dampak buruk bagi tubuh. Duh!

Tapi kira-kira kenapa ya, deretan makanan ini tak boleh dikonsumsi mentah? Berikut penjelasannya:

1. Susu mentah.

Meminum susu dalam keadaan tak dimasak sudah menjadi tren di kalangan masyarakat, dengan alasan kealamian. Namun ternyata mengonsumsi susu mentah dapat menumbuhkan bakteri seperti Salmonella, E Coli, dan Listeria dan mengurangi nilai gizi pada susu.


2. Kacang merah.

Saat kamu memasak kacang merah, sebaiknya kamu memperhatikan dengan baik kematangan pada makanan ini. Memakan kacang merah dalam keadaan mentah atau tak matang bisa menyebabkan muntah hingga diare. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan Lektin dalam kacang tersebut.


3. Kentang.

Kandungan pati pada kentang saat belum dimasak memang bisa mengganggu pencernaan, sakit perut, dan sakit kepala. Selain itu mengonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung pada perut. Maka sebab itu, sebaiknya kentang digoreng atau direbus saja.


4. Kecambah.

Kecambah mentah hendaknya jangan dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil, dan orang-orang yang memiliki imun yang tak kebal. Pasalnya kecambah mentah sebenarnya mengandung bakteri berbahaya seperti E Coli, Listeri, dan Salamonella yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh. 


5. Telur.

Umumnya telur sering sekali dikonsumsi secara mentah orang kebanyakan orang karena dipercaya bisa memberikan kekebalan tubuh saat sakit. Namun ternyata mengonsumsi telur tidak dimasak sebenarnya keliru. 

Banyak penelitian yang sudah mengatakan bahwa telur mentah mengandung Salmonella, yang berpotensi membuat orang keracunan, mual, muntah hingga diare. Ada baiknya kamu mengolah telur hingga matang dahulu sebelum dikonsumsi.


6. Madu.

Tak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi madu mentah sebenarnya tak baik. Madu yang belum dimasak berpotensi masih mengandung Graynotoxin yang bisa membuat orang merasa pusing hingga hipertensi.


7. Almond.

Untuk masyarakat luar negeri, menemukan almond mentah sangatlah mudah. Mereka bisa mendapatkan kacang ini di beberapa toko makanan. 

Tapi rupanya memakan kacang almond dalam keadaan mentah tidak baik. Kandungan hidrogen sianida bisa berpotensi membuat orang muntah, sakit kepala, hingga kejang. 

Saat kamu ingin mengonsumsinya dalam keadaan mentah, adanya baiknya dengan porsi sedikit.


8. Jamur.

Jamur yang sering dikonsumsi mentah hanya dengan dicuci air saja ternyata juga sangat berbahaya. Kandungan racun pada jamur bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Sebaiknya jamur tetap dimasak terlebih dahulu untuk memecah senyawa berbahaya.



Sumber : brilio

No comments

Powered by Blogger.