<-->

Alasan Medis Kenapa Tubuh Tetap Lelah Meski Sudah Tidur Cukup

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal
ilustrasi
Ketika tubuh terasa lelah, pegal-pegal dan tak nyaman nampaknya tak ada yang lebih menyenangkan selain segera tidur cukup dan nyenyak. Ya, tidur atau istirahat memang bisa menjadi obat paling ampuh untuk membuat tubuh lelah jadi lebih bugar, sehat dan kuat lagi. Namun sayangnya, meski sudah tidur cukup, tidak sedikit dari kita yang ternyata tetap merasa lelah, pusing hingga pegal-pegal. Kenapa ini bisa terjadi?

https://line.me/R/ti/p/%40tokoindoroyal

Dilansir dari laman thehealthsite.com, ada beberapa hal yang mempengaruhi kebugaran tubuh. Tidur saja tidak cukup membuat tubuh yang lelah menjadi lebih sehat dan nyaman. Berikut adalah penyebab tubuh tetap terasa lelah meski sudah tidur cukup.

Menggeretak Gigi
Kamu punya kebiasaan menggeretak gigi? Sadar atau tidak, beberapa dari kita memang tidur dengan menggeretak gigi. Inilah yang nantinya berpengaruh pada kualitas tidur dan segar bugarnya tubuh. Kebiasaan menggeretak gigi berpengaruh pada saluran pernafasan dan mencegah kamu mendapatkan cukup oksigen. Ini akan membuatmu sering bangun saat tidur dan membuat tubuh semakin lelah juga cemas.

Konsumsi Kopi
Hindari konsumsi kopi sebelum tidur atau istirahat. Kandungan kafein di dalam kopi bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur. Ini juga akan membuat performa tubuh kurang fit saat bangun di pagi hari.

Bermain Gadget
Jika kamu suka bermain gadget sebelum tidur, mulai sekarang coba untuk menghindarinya. Kebiasaan bermain gadget sebelum tidur bisa berpengaruh buruk terhadap kualitas tidur. Ini juga berpengaruh buruk terhadap kondisi psikis, meningkatkan kecemasan dan rasa khawatir selama waktu istirahat. Psikis yang terganggu saat tidur akan membuat tubuh terasa makin lelah, tidak nyaman dan mudah tumbang.

Olahraga Sebelum Tidur
Menurut study, waktu olahraga terbaik adalah pagi dan sore hari. Olahraga di malam hari justru akan membuat tubuh rentan lelah, tidak fokus dan pegal-pegal. Para ahli menyebutkan jika olahraga yang dilakukan 2 - 3 jam sebelum tidur akan memperburuk siklus tidur.

Tempat Tidur yang Tidak Nyaman
Untuk mendapatkan tidur nyenyak dan badan bugar saat bangun, usahakan untuk memiliki tempat tidur yang nyaman dan bersih. Tempat tidur yang tidak nyaman, kotor dan berantakan bisa membuat kualitas tidur buruk. Ini juga memungkinkan posisi tubuh tidak tepat saat tidur dan mendorong rasa lelah berlebih saat bangun.
https://line.me/R/ti/p/%40holidaystore

Itulah beberapa alasan kenapa tubuh tetap lelah meski sudah tidur cukup setiap harinya. Hindari kebiasaan di atas demi dapatkan tidur terbaik dan tubuh senantiasa bugar serta sehat ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:vemale

No comments

Powered by Blogger.