Komunitas Band PMI di Taiwan Mewarnai Festival Musik Indonesia di Taiwan




        Pada tanggal 18 Februari 2018 lalu, Festival Musik Indonesia telah sukses digelar di Y27, Taipei Main Station. Acara ini berlangsung meriah dan dihadiri ratusan pengunjung, terdiri dari PMI, WNI, dan teman-teman lain warganegara asing serta warga Taiwan.




Acara yang digagas oleh Persatuan Band PMI Taiwan (PBPT) yang diketuai oleh Mandala Supianto ini berupaya menyelenggarakan acara khusus untuk PMI dalam memperkenalkan budaya Indonesia di Taiwan, sekaligus menjadi bentuk sosialisasi dan penyuluhan informasi ketenagakerjaan. Acara ini juga dimaksudkan untuk merangkai kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam bingkai tema “Aku Indonesia”. Selain penampilan musik yang dibawakan oleh berbagai band PMI, acara musik ini juga diselingi dengan penampilan seni dan budaya Indonesia. 



Acara diawali dengan menyanyikan lagu “Rumah Kita”. Lagu ini sendiri turut membakar semangat para penonton untuk sejenak mengingat keluarga dan kampung halaman.

Pihak KDEI Taipei yang hadir dalam acara ini turut menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan positif tersebut. “Kegiatan ini sejalan dengan upaya dalam pembinaan PMI di Taiwan”, ujar Pak Kadir mewakili KDEI Taipei dalam sambutannya.

Dalam konteks sosialisasi dan penyuluhan informasi ketenagakerjaan, disampaikan bahwa demi kenyamanan dan keamanan PMI selama bekerja di Taiwan, maka para PMI hendaknya memperhatikan beberapa hal terkait :

  1. (1) waspada berbagai info hoax/penipuan,
  2. (2) hendaknya PMI mencegah tindakan perkelahian/tawuran, serta minum-minuman keras,
  3. (3) menghindari narkoba, karena jelas-jelas sangat merugikan dari segi kesehatan serta ancaman hukumnya jelas yakni penjara, deportasi dan blacklist.


Dalam kesempatan tersebut turut disampaikan terkait  informasi pelayanan KDEI Taipei kepada WNI/PMI di Taiwan meliputi perpanjang kontrak tanpa pulang, perpanjangan paspor, serta saluran pengaduan apabila terjadi pelanggaran ataupun perselisihan.

Ketua penyelenggara, Mandala Supianto mengharapkan agar di masa depan acara seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan, agar para PMI dapat fokus ke hobi mereka dan diharapkan dapat terhindarkan dari kegiatan negatif seperti narkoba, tawuran dan lain sebagainya.

Sumber :immigration

No comments

Powered by Blogger.