Redakan Stres dengan Seruput 4 Minuman Ini




     Menghilangkan stres dapat dilakukan dengan beragam cara. Minum kopi di pagi hari dapat menjadi salah satu kebiasaan baik untuk meredakan stres.



Tak hanya itu, olahraga, relaksasi, dan yoga pun menjadi pilihan yang baik guna melawan stres. Namun demikian, ternyata kopi bukanlah satu-satunya minuman pereda stres.

Dilansir step to health, Sabtu (17/2/2018), ada beberapa minuman yang dipercaya ampuh mengatasi stres. Tidak usah khawatir lantaran minuman ini pun ada di sekitar Anda. Apa sajakah itu? berikut ulasannya :

1. Teh sebagai penenang jiwa

Minuman ini dipercaya secara turun temurun dapat menenangkan saraf dan suasana hati. Salah satunya yaitu teh hijau yang dikenal kaya akan antioksidan. Efek antistres-nya disebabkan oleh senyawa theanine yang terkandung dalam secangkir teh.

Senyawa theanine dapat melepaskan hormons serotonin dan dopamin, sehingga dapat mengurangi stres mental dan fisik.

2. Susu hangat

Meredakan stres dapat dilakukan dengan beristirahat atau tidur. Susu hangat sudah dipercaya selama lebih dari beberapa generasi untuk membuat anak kecil tertidur pulas.

Kandungan zat asam amino triptophan dan protein pada susu tersebut dapat menjaga kualitas tidur, tak hanya anak kecil tapi orang dewasa sekalipun.

Untuk mendapatkan efek yang diinginkan, Anda dapat meminum cangkir susu hangat 15 hingga 20 menit sebelum tidur. Meski demikian, Anda yang memiliki alergi susu tidak dianjurkan melakukan cara hilangkan stres ini.

3. Jus buah ceri dan kiwi

Jika Anda kerap mengalami stres, masukkan dua buah ini dalam daftar belanja Anda. Hal ini lantaran kandungan vitamin C pada buah kiwi dapat mengaktifkan enzim yang mampu meningkatkan energi Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih aktif sehingga melupakan kondisi stres yang dirasakan.

Jus buah ceri pun memiliki manfaat untuk mengurangi stres. Buah ini mampu mengaktifkan produksi melatonin pada tubuh, di mana hormon tersebut mengatur istirahat dan jumlah tidur yang Anda dapatkan.

4. Air Mineral

Tak perlu susah-susah mencari cara untuk meredakan stres, air mineral pun sanggup menjawab tantangan tersebut. Hal ini lantaran dengan meminum air mineral, hormon endorfin pada tubuh. Zat ini mirip dengan neurotransmitter dan mampu menghasilkan rasa aman.


Sumber : Liputan 6

No comments

Powered by Blogger.